4 Provinsi Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
21 Feb 2018   13:00

Komentar

Petugas sedang berusaha memadamkan kebakaran hutan dan lahan. (Foto : Foto: Dok. BNPB)

Trubus.id -- Ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus meningkat seiring keringnya cuaca di beberapa daerah langganan kebakaran hutan dan lahan. Untuk mengantisipasi meluasnya bencana tersebut, empat provinsi sudah menetapkan status siaga darurat yaitu: Sumatera Selatan (1/2 hingga 30/10), Riau (19/2 sampai 31/5), Kalimantan Barat (1/1 hingga 31/12), dan Kalimantan Tengah (20/2 hingga 21/5).

Alasan gubernur setempat menetapkan status siaga darurat karhutla berdasarkan pertimbangan bahwa telah ditetapkannya beberapa kabupaten atau kota di wilayahnya yang menetapkan siaga darurat karhutla, peningkatan jumlah titik panas (hotspot), masukan dari BPBD dan pengalaman pengananan karhutla sebelumnya.

“Dengan pemberlakuan siaga darurat, ada kemudahan akses dalam penanganan karhutla, baik pengerahan personil, komando, logistik, anggaran dan dukungan dari pemerintah pusat. Jalur komando penanganan lebih mudah koordinasinya,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, melalui keterangan resmi yang diterima Trubus.id, Rabu (21/2).

Baca Lainnya: 182 Desa di Kalbar Rawan Karhutla, Apa yang Dilakukan Pemerintah?

Saat ini, beberapa daerah yang berada di sekitar garis khatulistiwa memasuki musim kemarau periode pertama seperti Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Tiga provinsi tersebut memiliki pola hujan ekuatorial, di mana pertengahan Januari hingga Maret kemarau pertama.

Maret sampai Mei masuk musim penghujan. Selanjutnya, Juni sampai September, kemarau kedua yang lebih kering. Dikatakan Sutopo, biasanya karhutla meningkat pada periode kedua musim kemarau ini.

“Ini sesuai pola hujan ekuatorial yang dicirikan tipe curah hujan dengan bentuk bimodial (dua puncak hujan). Biasanya terjadi sekitar bulan Maret dan Oktober atau pada saat terjadi ekinoks,” beber Sutopo. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Menhub Budi Karya Apresiasi Petugas Perlintasan di Medan

Thomas Aquinus Krisnaldi   Peristiwa
Bagikan: