Puluhan Hektare Hutan di Meranti Habis Dilalap Api

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Feb 2018   13:00 WIB

Komentar
Puluhan Hektare Hutan di Meranti Habis Dilalap Api

Kebakaran hutan (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Provinsi Riau. Jika sebelumnya kebakaran hutan terjadi di Kabupaten Pelalawan, kini kebakaran hutan melanda Kabupaten Meranti.

Berdasarkan informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger, mengatakan jika titik api di Meranti telah terdeteksi sejak kemarin, Selasa (13/2).

“Awalnya kobaran api hanya membakar beberapa meter saja, tapi karena angin bertiup cukup kencang membuat kobaran api meluas dan membakar kawasan hutan hingga hingga puluhan hektare,” ungkap Edwar kepada wartawan, Rabu (14/2).

Edwar mengatakan jika titik api muncul pertama kali di Desa Lukun Kecamatan Tebing Tinggi Timur disebabkan wilayah pesisir Riau. Hal tersebut terjadi karena penurunan intensitas hujan di wilayah itu.

Baca Lainnya : Jokowi : Jangan Sampai Kebakaran Hutan Ganggu Asian Games

Selain itu, cuaca terik membuat titik panas mudah menjadi titik api dan membakar hutan dengan sangat cepat.

“Sampai saat ini kami belum mengetahui penyebab pasti kebakaran. Namun penyelidikan kebakaran di wilayah Meranti juga telah ditangani oleh Polres setempat,” lanjutnya.

Guna melakukan pemadaman, hari ini sejumlah tim gabungan akan diturunkan seperti TNI, Polri, BPBD Meranti, Manggala Agni, dan masyarakat akan turut membantu melakukan pemadaman api.

“Kami kesulitan menuju lokasi kebakaran, karena lokasi berada jauh di dalam hutan, untuk mencapainya tim harus berjalan kaki,” papar Edwar.

Lebih lanjut ia mengatakan lokasi kebakaran juga sulit ditemukan air sehingga membuat pemadaman akan memakan waktu cukup lama. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: