Hore, Jelang Panen Raya Pemerintah Menaikkan Harga Serapan Gabah

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
13 Feb 2018   10:00

Komentar
Hore, Jelang Panen Raya Pemerintah Menaikkan Harga Serapan Gabah

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang panen raya, petani padi mendapat sedikit angin segar dari pemerintah. Yah, guna menyerap hasil panen mereka, pemerintah menaikkan tingkat fleksibilitas harga serapan gabah perum Bulog sebesar 20 persen dari harga pembelian pemerintah yang ditetapkan dalam Inpres Nomor 5 tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah atau Beras dan Penyaluran Beras Oleh Pemerintah.

"Fleksibilitas naik 20 persen untuk gabah. Kita akan evaluasi setiap saat, tetapi berjalan sampai April 2018 terlebih dahulu berdasarkan keputusan rakor," kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita usai menghadiri diskusi PT Permodalan Nasional Madani di Jakarta, Senin (12/2).

Baca Lainnya: Ini Skema Harga Beras Kementan untuk Serap Panen Petani

Enggar menyebut, keputusan menaikkan fleksibilitas harga serapan gabah ini ditetapkan pada Rapat Koordinasi Bidang Ekonomi belum lama ini.

Berdasarkan Inpres Nomor 5, besaran HPP Perum Bulog untuk gabah kering panen adalah Rp3.700 per kilogram di tingkat petani dan Rp 3.750 perkilogram ditingkat penggilingan. Dengan kenaikan ini, maka harga gabah kering panen oleh Perum Bulog pada tingkat petani naik di level Rp4.400 per kilogram. Sementara di tingkat penggilingan naik menjadi Rp4.500 per kilogram.

Baca Lainnya: Mendag: Beras Impor Hanya untuk Wilayah yang Membutuhkan

Sebelumnya pemerintah telah memutuskan untuk melakukan impor beras umum sebanyak 500 ribu ton. Diperkirakan pada akhir Februari 2018, sebanyak 281 ribu ton beras akan masuk Indonesia. Enggar menegaskan, masuknya beras impor tersebut akan menjadi tambahan stok Perum Bulog.

"Beras impor itu akan masuk dulu ke gudang Bulog. Kita akan lihat perkembangannya, nanti bagaimana penyalurannya, tetapi masuk dulu sebagai stok cadangan. Sekarang stok Perum Bulog di bawah 650 ribu ton," jelas Enggastiasto. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: