Puluhan Hiu Tutul Muncul di Perairan Probolinggo

TrubusNews
Syahroni | Followers 0
11 Feb 2018   12:00

Komentar
Puluhan Hiu Tutul Muncul di Perairan Probolinggo

Wisatawan melihat hiu tutul di perairan Probolinggo (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Petugas kepolisian tengah siaga. Kemunculan hiu tutul langka di perairan laut Probolinggo yang tengah jadi perhatian mereka. Hiu-hiu ini dipantau bukan karena membahayakan warga. Yah, sejak 2 hari terakhir kemunculannya, polisi terus mengamati agar hiu-hiu dilindungi ini tidak terjerat jaring nelayan.

"Kami secara rutin bersama dengan anggota terus melakukan pemantauan dan penjagaan terhadap hiu tutul yang ada di perairan Probolinggo," kata Kasat Polair Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno saat melakukan pemantauan di sekitar utara pelabuhan Kota Probolinggo, tepatnya 1 mil dari pelabuhan Tanjung Tembaga, Sabtu (10/2).

Baca Lainnya: Perairan Indonesia, Rumah Terbesar Ikan Hiu di Dunia

Ia menuturkan, hiu-hiu langka ini harus terus dijaga kelestariannya. Apalagi, saat ini hiu-hiu itu muncul sekaligus dalam jumlah yang cukup banyak. Jumlahnya diperkirakan puluhan ekor dengan berbagai ukuran.

"Biasanya panjang ikan ini mencapai 6-7 meter dengan lebar 2-2,5 meter ," jelasnya.

Karena jumlahnya yang semakin sedikit, polisi menghimbau nelayan agar lebih hati-hati ketika melaut. Dia mengingatkan kepada nelayan agar segera melepas kembali hiu-hiu ini jika ada yang tersangkut jaring mereka.

Baca Lainnya: Menakjubkan, Ikan Paus Selamatkan Penyelam dari Serangan Ikan Hiu

Sementara itu, munculnya hiu-hiu ini juga langsung menarik wisatawan. Dengan menumpang perahu selama 15 menit dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, mereka bisa menikmati pemandangan langka ini.

Badrud, warga yang datang mengaku sudah tahu kalau setiap tahun hiu-hiu ini melintasi perairan Probolinggo. Namun kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah hiu yang melintas yang membedakannya.

“Sebetulnya sih tiap tahun tahu, kalau ada hiu tutul. Tapi kali ini berbeda. Biasanya itu hanya tiga sampai lima ekor yang menepi. Kali ini yang menepi lebih banyak, sampai puluhan. Seru sih melihat dari dekat,” ujar Badrud, Sabtu sore (10/2). [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: