Imlek Datang, Petani Buah Naga Kulon Progo Girang

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
10 Feb 2018   07:00

Komentar
Imlek Datang, Petani Buah Naga Kulon Progo Girang

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/ skeeze)

Trubus.id -- Jelang perayaan imlek, petani dan pedagang buah naga di Jalan Sentolo-Nanggulan-Borobudur Desa Banjarharjo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, mulai kebanjiran pembeli. 

Tri Wahyuni, pedagang di Kalibawang mengatakan, permintaan nuah naga cenderung meningkat jelang tahun baru Cina. Setiap harinya, ada saja pembeli yang datang memborong buah naga merah atau putih jualannya.

Baca Lainnya: Ternyata, Petik Buah Naga Tidak Boleh Sembarangan, Ini Teknik Uniknya

"Pembelinya warga Kulon Progo. Tapi banyak juga yang dari luar daerah seperti Semarang, Magelang, Solo," paparnya.

Buah naga banyak diburu masyarakat sebagai sajian khas Imlek. Buah naga dipercaya kaya akan nutrisi dan vitamin, serta mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah ini juga dipercaya sebagai pencegah kanker.

Pembeli yang datang biasanya memetik langsung buah naga itu di kebun para petani. Sehingga buah naga yang mereka beli masih dalam kondisi segar.

Ia biasa menjual buah naga merah sekitar Rp15.000-Rp18.000 per kilogram. Sementara buah naga putih dijual lebih murah sekitar Rp13.000-Rp15.000 per kilogram. Dalam sehari, Tri mengaku mampu menjual 1-1,5 kuintal buah naga per hari.

Baca Lainnya: Ternyata Ada 4 Jenis Buah Naga, Kamu Paling Suka Mana?

Sementara itu seorang petani buah naga, Agus Dwi mengungkapkan, warga Desa Banjarharjo membudidayakan jenis buah yang identik berwarna merah itu sejak lima tahun terakhir. Lalu hasil panen mereka jajakan di pinggir jalan alternatif Wates-Borobudur yang melintasi desa mereka.

Karena letaknya yang cukup strategis di tepian jalur menuju destinasi wisata, sehingga memudahkan penyuka buah itu untuk mendapatkannya. 

"Keungulan buah naga dari Kecamatan Kalibawang adalah sistem produksinya yang menggunakan sistem organik, sehingga buah yang dihasilkan lebih sehat dan segar," jelas Agus. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: