Riau Dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan, Petugas Pemadam Dikerahkan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Feb 2018   11:15

Komentar
Riau Dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan, Petugas Pemadam Dikerahkan

Kebakaran hutan Riau (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Sejumlah titik api kembali muncul di Riau. Titik api tersebut telah membakar hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di Pelalawan. Bahkan titik api tersebut juga menyebabkan gumpalan asap tebal.

Titik panas yang muncul telah terjadi sejak dua hari belakangan. Sebaran api yang menyebabkan asap tebal terlihat jelas menghanguskan kawasan hutan. Akibat kondisi tersebut, diperkirakan satu hektare lahan di Pelalawan dilalap api. Lokasi kebakaran karhutla diketahui berada di Desa Pulau Muda.

Kebakaran karhutla itu dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Siregar yang mengatakan jika pihaknya bersama TNI, Polri Manggala Agni dan masyarakat berupaya untuk memadamkan kobaran api.

Baca Lainnya : BMKG Peringatkan Dua Titik Panas di Pelalawan Berpotensi Kebakaran Hutan

Bahkan pihak BPBD Riau juga telah meminta bantuan berupa satu unit heli Super Puma milik Sinar Mas guna melakukan pemadaman api lewat jalur udara. Water bombing yang dilakukan heli Super Puma ini sebanyak 23 sorti.

"Heli super puma melakukan Water bombing sejak kemarin. Sedangkan tim lainnya melakukan pemadaman api lewat darat,” ungkap Edwar di Riau, Jumat (9/2).

Pihaknya pun mengaku jika kebakaran hutan mulai bisa teratasi. Meski begitu sampai hari ini heli Super Puma masih akan digunakan untuk melakukan pendinginan.

“Seluruh tim hari ini baik darat dan udara akan melanjutkan pendinginan, hal ini dilakukan untuk mencegah cuaca panas yang memicu kebakaran kembali terjadi, jadi tim di lapangan akan terus bersiaga,” tutup Edwar. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: