Susi Pudjiastuti: PIM Muara Baru Akan Jadi Tempat Wisata

TrubusNews
Binsar Marulitua
08 Feb 2018   20:00 WIB

Komentar
Susi Pudjiastuti: PIM Muara Baru Akan Jadi Tempat Wisata

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan. (Foto : Foto: Dok. KKP)

Trubus.id -- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru Jakarta di Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (8/2). Nilai proyek ini mencapai Rp 150,6 miliar yang berasal dari APBN 2017 hingga 2018.

Menteri KKP ingin PIM Muara Baru menjadi pasar modern yang mengusung konsep higienis dan “one stop shopping” di atas lahan seluas 22.444 hektare. Nantinya, pasar ini bisa lebih ramah kepada masyarakat, pedagang, stakeholder, pengguna, pemakai, dan pencinta seafood.

Baca Lainnya: Kapal Asing Pencuri Ikan Masih Berkeliaran, Ini Penjelasan Susi Pudjiastuti

“Sekarang, saya punya kewenangan untuk membangun. Dahulu, saya pernah menjual ikan di tempat ini. Tempatnya bau, becek, orang jadi malas untuk membeli,” kata Susi sebelum melakukan penggalian tanah pertama, Kamis (8/2).

Menteri KKP menambahkan, bangunan yang direncanakan memiliki 3 lantai ini akan menjadi salah satu tujuan wisata di wilayah Jakarta Utara yang menarik untuk dikunjungi. Paradigma pasar ikan yang kotor dan basah akan berubah setelah memasuki PIM Muara Baru.

"Semoga pembangunan segera bisa dikebut sehingga bisa mendongkrak peningkatan perekonomian, produktivitas, dan nilai tambah produk perikanan, mengembangkan sentra bisnis kelautan dan perikanan, dan meningkatkan angka konsumsi ikan," tambahnya.

Baca Lainnya: Susi Pudjiastuti: Cantrang Boleh Melaut Lagi

PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) sebagai kontraktor pemenang tender, melaksanakan pembangunan mulai 13 Desember 2017 lalu hingga 27 Desember 2018.

PIM Muara Baru rencananya akan memiliki 3 lantai dan berisi 900 lapak basah, 69 kios pasar kering, 18 kios ikan pancing, dan 68 kios ikan segar. Nantinya, semua produk perikanan yang dijual sudah melewati pengawasan, berkualitas bagus, aman dikonsumsi, jelas sumbernya, bernilai tinggi, dan kompetitif. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: