Balitbangtan Kembangkan Metode Membuat Jeruk Cepat Berbuah

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
31 Jan 2018   13:00

Komentar
Balitbangtan Kembangkan Metode Membuat Jeruk Cepat Berbuah

Buah jeruk (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) akan memperkenalkan metode terbaru guna membuat tanaman jeruk lebih cepat berbuah. Metode tersebut diberi nama pemijatan dan pelengkungan (Pikung).

Balitbangtan Kementan menilai jika metode ini akan membuat para petani buah khususnya jeruk lebih giat dalam mengembangkan jeruk. Saat ini jeruk yang diuji coba dalam metode ini yakni jeruk keprok dan jeruk siam.

“Metode ini mudah diaplikasikan dan yang terpenting tidak membutuhkan keterampilan khusus untuk mengembangkannya,” ungkap Kepala Balitjestro Dr Taufiq M. Ratulle berdasarkan keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (31/1).

Baca Lainnya : Pupuk Ajaib Ini Bisa Meningkatkan Produksi Jeruk, Penasaran?

Ia juga mengatakan untuk mengembangkan budidaya jeruk terutama jenis keprok, selama ini para petani membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk memproduksinya. Tapi jika para petani mencoba metode pikung ini dalam mengembangkan budidaya jeruk akan membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat dan pohon akan cepat memproduksi buah.

Lebih lanjut ia mengatakan jika jeruk keprok memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan jeruk impor, jeruk keprok lebih banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Untuk itu, Balitbangtan mengembangkan metode ini agar jeruk keprok lebih menguasai pasaran ketimbang jeruk impor. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: