Kebun Raya Balangan Jadi Ikon Hutan Baru di Kalimantan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
31 Jan 2018   11:14

Komentar
Kebun Raya Balangan Jadi Ikon Hutan Baru di Kalimantan

Ilustrasi Hutan (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kebun Raya Balangan yang berada di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan diharapkan menjadi salah satu ikon hutan di Kalimantan. Kebun Raya Balangan memiliki luas lahan sekitar lima hektare.

Rencana tersebut diusulkan oleh organisasi pecinta lingkungan hidup yang bernama Forum Komunitas Hijau (FKH) Citra Sanggam.

“Kami ingin Pemkab dapat mengelola Kebun Raya Balangan untuk dijadikan ikon hutan Kalimantan,” jelas Akhmad Rizani, anggota FKH Citra Sanggam Balangan di Paringin, Rabu (31/1).

Untuk merealisasikannya, ia bersama anggota FKH lainnya telah beberapa kali berkunjung ke Kebun Raya Balangan yang berada di Jalan Gunung Pandau atau tepatnya berada di belakang Kompleks Garuda Maharam yang berdekatan dengan pemukiman para pejabat di Pemkab Balangan.

Di area Kebun Raya Balangan banyak ditemukan beberapa jenis tanaman kayu-kayuan, tanaman palam-palaman, serta beberapa jenis rotan yang sangat tepat jika dijadikan ikon hutannya Kalimantan.

Ia menambahi Kebun Raya Balangan hanya perlu dibenahi sedikit dan ditambah koleksi tanamannya maka bisa dijadikan percontohan hutan di Kalimantan.

“Kami rasa Kebun Raya Balangan perlu ditambahi sejumlah tanaman buah tropis yang hanya di tanam di Kalimantan dan sulit di dapatkan di tempat lain,” tambahnya.

Ia juga berharap Kebun Raya Balangan beberapa jenis buah-buahan tropis bisa dikembangkan lagi sebagai lokasi pusat penelitian, wisata edukasi terutama melestarikan alam. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: