Para Pecinta Primata Kecam Pertunjukan Topeng Monyet

TrubusNews
Astri Sofyanti
30 Jan 2018   17:30 WIB

Komentar
Para Pecinta Primata Kecam Pertunjukan Topeng Monyet

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Guna memperingati hari primata nasional sejumlah organisasi pecinta primata menggelar aksi dan mengecam para oknum yang masih menjadikan monyet sebagai ajang mecari keuntungan. Aksi tersebut dilakukan di depan halaman Gedung Sate, Bandung, Selasa (30/1).

Dalam orasinya, para aktivis pecinta primata menyuarakan untuk menghentikan pertunjukan topeng monyet yang dinilai menyiksa dan merampas kebebasan primata sebagai hewan yang hidupnya di alam bebas.

Aksi lainnya yang juga disuarakan yakni adanya teatrikal pantonim, yang menggambarkan seekor monyet dengan leher dirantai ketika pertunjukaan topeng monyet yang diperankan oleh seorang pria yang juga anggota pecinta primata.

Baca Lainnya : Gorila Tertua Kedua di Dunia, Hembuskan Nafas Terakhirnya di Usia 60 Tahun

Pria tersebut berjongkok seolah-olah memperlihatkan ekspresi wajah yang sedih. Hal tersebut menggambarkan kondisi monyet yang selalu dipaksa melakukan aksi menghibur ketika pertunjukan dimulai.

Seluruh peserta aksi positif ini seluruhnya memakai topeng serta membawa spanduk yang berisi tuntutan untuk mengembalikan hak hewan yang seharusnya hidup di alam bebas. Para aktivis juga mendukung penghentian eksploitasi satwa khususnya primata.

“Hingga saat ini masih banyak pemburu yang menangkap bayi monyet untuk dijadikan topeng monyet. Monyet liar dilatih dengan dicabut giginya secara paksa agar tidak menggigit dan melawan oknum yang melatih,” ungkap koordinator aksi, Sarah Syajaratu di Bandung, Selasa (30/1).

Baca Lainnya : Wow, Ternyata Manusia Ahli Tidur Dibanding Primata Lain

Ia menganggap tindakan eksploitasi yang dilakukan dengan cara menyakiti satwa untuk mendapat keuntungan adalah tindakan yang tidak dibenarkan.

Lebih lanjut Sarah mengatakan kebanyakan monyet yang dijadikan sebagai objek mencari keuntungan adalah jenis monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis). Sebagai informasi, jenis monyet tersebut sangat rentan menularkan penyakit rabies.[NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: