Cegah Bencana Hidrometeorologis, PUPR Prioritaskan Bangun Embung dan Bendungan

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
26 Jan 2018   23:00

Komentar
Cegah Bencana Hidrometeorologis, PUPR Prioritaskan Bangun Embung dan Bendungan

Embung bisa memproteksi masyarakat dari kekeringan yang sulit diprediksi dari banjir. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus. id -- Untuk membangun proyek infrastruktur negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membutuhkan bantuan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hal ini berkaitan dengan seringnya bencana hidrometeorologis akibat cuaca, seperti kebakaran hutan, gejala El nino dan banjir yang menggangu proses kerja nasional.

Baca Lainnya: Tangkal Banjir, Dinas PU Banyuwangi Maksimalkan Embung

Alasan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menggandeng BMKG bukan hanya untuk mengantisipasi bencana, tapi juga kelancaran pembangunan infrastruktur seperti pembangunan bendungan, jalan, rumah, dan infrastruktur desa lainnya.

"BMKG bisa membantu kami bukan hanya dalam hal pembangunan infrastruktur saja, tapi memberikan berbagai data terkait keadaan alam pada saat melangsungkan pembangunan hingga sampai waktu pelaksanaan," jelas Basuki, saat menghadiri diskusi Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi dalam Menghadapi Risiko Bencana Hidrometeorologis di Auditorium BMKG, Jakarta, Jumat (26/1).

Baca Lainnya: Presiden Jokowi Telah Bangun 1.100 Embung di Seluruh NTT

Menurut Basuki, El nino pada tahun 2015 menyebabkan kerugian sekitar Rp 250 triliun, setara dengan 0,2 persen PDB nasional.

"Untuk menyelaraskan bencana alam di tengah maraknya pembangunan infrstruktur, kami akan memperkuat pembangunan bendungan dan embung. Bisa memproteksi masyarakat dari kekeringan yang sulit diprediksi dari banjir," tambahnya.

Dalam program prioritasnya, PUPR menargetkan akan membangun sebanyak 300 bendungan hingga 2019 mendatang. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: