Permintaan Tepung Kelapa Sulut di Eropa Terus Bertambah

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
25 Jan 2018   22:30

Komentar
Permintaan Tepung Kelapa Sulut di Eropa Terus Bertambah

Petani menjemur tepung kelapa. (Foto : Istimewa)

Trubus.id – Tepung kelapa merupakan komoditas unggulan Sulawesi Utara (Sulut). Tepung ini banyak diminati konsumen mancanegara. Buktinya, tepung kelapa paling banyak diekspor ke mancanegara dibandingkan komoditas lainnya.

Setiap tahun, permintaan tepung kelapa dari berbagai belahan dunia terus berdatangan. Salah satunya dari Spanyol. Di awal tahun 2018 saja, 28 ton tepung kelapa diterbangkan ke sana.

Baca Lainnya: Udang Masih Jadi Komoditas Ekspor Unggulan RI

"Sepanjang tahun 2017, pengiriman tepung kelapa ke Spanyol sering dilakukan dan di awal 2018 juga ekspor kembali terjadi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Jenny Karouw di Manado, Kamis (25/01).

Tak hanya Spanyol, Inggris juga masuk jadi salah satu negara tujuan ekspor tepung kelapa Sulut. Di awal tahun 2018, Inggris juga sudah mengimpor 25 ton tepung kelapa dan menghasilkan devisa bagi negara sebesar 52.500 dolar Amerika Serikat (AS).

Jenny menyebut, dari sekian banyak negara tujuan ekspor tepung kelapa Sulut paling banyak memang ke negara bagian Eropa. Memang juga, katanya, dari Asia, Afrika dan Amerika terjadi pengiriman tepung kelapa namun tidak sebanyak dan sesering ke Eropa.

Baca Lainnya: 4 Komoditas Prioritas Kementan di 2018

Karena itu, pemerintah mengharapkan pengekspor dan petani dapat mempertahankan kualitas. Pasalnya, persaingan di pasar internasional terkenal cukup ketat. Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut akan terus memfasilitasi para pengekspor baik dalam hal pengurusan berkas maupun pencarian pasar baru untuk komoditi unggulan ini. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: