Pasca Gempa Lebak, 735 Bangunan di Sukabumi Rusak

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
24 Jan 2018   14:00

Komentar
Pasca Gempa Lebak, 735 Bangunan di Sukabumi Rusak

Bangunan rusak akibat gema di Sukabumi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id – Pasca gempa berkekuatan 6,1 SR yang berpusat di Lebak, Banten, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat terus melakukan pendataan dampak kerusakan serta jumlah korban yang timbul akibat bencana ini. Hasilnya diketahui, 735 bangunan rusak di berbagai wilayah di Sukabumi.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu menyebut, gempa yang berlangsung Selasa (23/01) kemarin, getarannya terasa di 18 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Dampaknya, sejumlah orang terluka dan kerusakan bangunan tak bisa dihindari.

Baca Lainnya: Jangan Percaya Isu Gempa Susulan 7,5 SR, Itu Hoax!

Menurut laporan yang diterimanya, 18 kabupaten dan kota yang terdampak diantaranya adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung. Kemudian, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Ciamis, Sumedang, Kota Banjar, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Pangandaran, Cianjur.

"Dari belasan daerah yang terasa getaran, hanya Cianjur, Bogor dan Sukabumi terjadi kerusakan dan korban luka. Korban luka-luka hanya terjadi di Cianjur sejauh ini," kata Budi kepada awak media Rabu (24/1).

Sementara itu, Kaepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mencatat, hingga Rabu, (24/1) jumlah bangunan baik rumah maupun fasilitas umum yang rusak mencapai 735 unit.

Baca Lainnya: Amerika Diguncang Gempa 7.9 SR, Berpotensi Tsunami

"735 unit bangunan yang rusak tersebut tersebar di 36 kecamatan dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya bisa terus bertambah," kata Eka, Rabu (24/01).

Adapun rinciannya yakni sebanyak 175 rumah rusak berat, 177 bangunan rusak ringan dan 383 rusak sedang. Dari data sementara yang dilakukan petugas BPBD setempat mayoritas bangunan yang rusak pada bagian atap dan dinding. Namun demikian, tidak ada korban jiwa terpantau di Sukabumi. Meski demikian, 403 Kepala Keluarga di Sukabumi terdampak peristiwa alam ini. [RN] 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: