Tolak Rekomendasi KKP, Kemenkop Perekonomian Impor Garam Sesuai Kebutuhan Industri

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
22 Jan 2018   16:30

Komentar
Tolak Rekomendasi KKP, Kemenkop Perekonomian Impor Garam Sesuai Kebutuhan Industri

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian (Foto : Foto: Trubus.id/ Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Pada tahun 2018, pemerintah telah memutuskan akan mengimpor garam industri sebanyak 3,7 juta ton. Setelah perbedaan komparasi data, akhirnya Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyisihkan rekomendasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Darmin Nasution mengatakan sempat terjadi perbedaan data kebutuhan impor garam antara Kementerian Perindustrian serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. KKP menyatakan kebutuhan impor garam industri hanya sebanyak 2,2 juta ton berdasarkan rapat dengan BPS.

Baca Lainnya: Impor Garam 3,7 Juta Ton Melebihi Rekomendasi KKP

"Ditanya BPS data dari mana, memang you tahu industri? Ya, sebenarnya sampel, ini data semua industri. Mana yang benar? Akhirnya BPS bilang sebenarnya data mereka 3,69 juta. Sama dengan kita. Tapi, KKP minta sebelumnya 2,2 juta," kata Darmin saat mengikuti rapat kerja Komisi IV DPR RI dengan KKP, Senin (22/1).

Menurutnya, impor dilakukan berdasarkan kebutuhan perindustrian dalam negeri. Nantinya, rekomendasi tersebut bisa diperoleh dari Kementerian Perdagangan sesuai kebutuhan industri.

Baca Lainnya: Menteri Susi: Sudah 15 Tahun Indonesia Impor Garam, Jangan Dipolitisir

"Secara aturan, impor garam memang harus mendapatkan rekomendasi dari KKP. Namun, rekomendasi tersebut juga bisa diperoleh dari Kementerian Perdagangan," jelasnya. [DF] 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: