Tiga Ruang Terbuka Hijau Siap Percantik Jogja Tahun Ini

TrubusNews
Ihsan Maulana
22 Jan 2018   07:00 WIB

Komentar
Tiga Ruang Terbuka Hijau Siap Percantik Jogja Tahun Ini

Ilustrasi (Foto : Foto: Dok. Badan Lingkungan Hidup Provinsi Yogyakarta)

Trubus.id -- Tahun 2018, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta akan membangun tiga Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kadipaten, Gedongtengen dan Gunungketur.

“Sebelum dibangun, kami akan sosialisasikan dahulu ke masyarakat, meski saat ini rencana pembangunan telah disusun,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Suyana, Minggu (21/1).

Sementara itu, masyarakat di beberapa wilayah umumnya menginginkan agar RTH publik yang akan didirikan tidak hanya didominasi taman, namun terdapat area lapang seperti lapangan bulu tangkis. Hal itu dikarenakan agar mereka bisa menggunakan area lapang untuk mendirikan tenda saat ada hajatan.

Baca Lainnya: Pentingnya Ruang Terbuka Hijau di Sekitar Kita

Baginya, terdapat ketentuan yang harus dipenuhi dalam pembangunan RTH publik ini, yaitu 60 persen untuk taman dan sisanya berbentuk bangunan fisik seperti gazebo.

"Maka dari itu, sosialisasi menjadi sangat penting mengingat yang memanfaatkan RTH adalah warga di wilayah tersebut. Selain itu, mereka diminta untuk ikut memelihara taman dan bangunan yang telah didirikan," lanjutnya.

Diharapkan, dengan proses sosialisasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat, akan mempercepat progres pengadaan RTH sehingga pada Februari sudah bisa dilakukan lelang pekerjaan.

Baca Lainnya: Makassar Kini Punya Ruang Terbuka Hijau 2,4 Hekare

Di sisi lain, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogyakarta berencana menyiapkan tanah untuk RTH publik pada tahun ini di Karangwarung, Purbayan, Mantrijeron dan Muja Muju dengan luas antara 300 hingga 800 meter persegi.[NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: