Nilai Ekspor Ikan Hias Indonesia Naik

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
11 Jan 2018   21:00

Komentar
Nilai Ekspor Ikan Hias Indonesia Naik

Cupang, salah satu ikan hias yang diekspor Indonesia. (Foto : Foto: Pixabay/ oranda)

Trubus.id -- Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat bahwa nilai ekspor ikan hias dalam lima tahun terakhir mencapai 1,68 persen per tahun. Berdasarkan data ITC (International Trade Center) pada 2016, Indonesia menempati urutan ke-5 produsen ikan hias dunia. 

"Sampai dengan September 2017, ISP (indeks spesialisasi produk) produk ikan hias mencapai 0,88 persen. Yang berarti, daya saing kompetitif ikan hias di pasar dunia sangat tinggi (net eksportir)," jelas Dirjen Peningkatan Daya Saing KKP, Slamet Soebjakto, Kamis (11/1).

Produksi ikan hias yang di ekspor adalah koi, cupang, koki, diskus, manfish, arwana, komet, ikan hantu, arwana super, red gapi, dan lainnya. 

"Untuk ikan hias, Indonesia bersaing dengan Spanyol, Jepang, Republik Ceko, Thailand, Malaysia, dan Singapura," jelasnya.

Menurut Sjarief, nilai produksi ikan hias pada 2017 mencapai Rp 2,386 triliun. Hingga September 2017, ISP produk perikanan budidaya mencapai 0,97 persen dari nilai produksi pada 2016. Itu artinya, daya saing kompetitif ekspor perikanan budidaya di pasar dunia sangat tinggi. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: