China Bangun Jalan Tol yang Mampu Hasilkan Tenaga Surya

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
22 Des 2017   21:00

Komentar
China Bangun Jalan Tol yang Mampu Hasilkan Tenaga Surya

Jalan tol tenaga surya (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Negara kita tercinta masih sibuk dengan pembangunan tol konvensional. Sementara Pemerintah China kini hampir selesai membangun jalan raya yang menghasilkan energi matahari. 

Rencananya jalan tol penghasil energi matahari ini akan dibuka pada akhir bulan ini. “Jalan raya surya” pertama di negara itu dibangun di kota Jinan, ibu kota Shandong China timur.  

Media setempat menyebutkan, jalan surya ini terdiri dari dua jalur yang membentang sejauh dua kilometer. Jalan ini tidak hanya menghasilkan energi matahari, namun juga mampu mengisi daya mobil listrik yang melewatinya.  

Uniknya, ketika musim dingin tiba, jalanan ini bisa dipakai untuk menghangatkan diri dan yang pasti tidak akan ada tumpukan salju yang menghalanginya.

Jalan tol surya yang dibangun oleh perusahaan milik negara Qilu Transportation Development Group ini dibangun dengan 3 lapisan. Lapisan paling atas memakai "beton transparan".

Sementara di bagian tengah adalah panel surya menghasilkan energi surya sedangkan lapisan paling bawah terdiri dari lapisan insulasi yang memisahkan sistem panel degnan tanah yang lembab.

Qilu Transportations yang bertanggung jawab atas keseluruhan infrastruktur transportasi di Provinsi Shandong pernah menyelesaikan jalan raya pertama di China.

Canggih kan? [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait