Jokowi Siap Terangi 2.000 Desa di Papua dengan Listrik Tenaga Mesin Gas

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Des 2017   10:30 WIB

Komentar
Jokowi Siap Terangi 2.000 Desa di Papua dengan Listrik Tenaga Mesin Gas

Presiden Jokowi siap aliri listrik 74 desa di Papua (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Presiden RI Joko Widodo, belum lama ini meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nabire 20 MW dan PLTMG Jayapura 50 MW.

Peresmian tersebut juga sekaligus meluncurkan 74 desa baru berlistrik yang akan tersebar di Provinsi Papua dan Papua Barat di Kelurahan Kali Bobo, Distrik Nabire, Kabupaten nabire, Papua Barat, Rabu (20/12) lalu.

Langkah tersebut dilakukan Presiden Jokowi guna mengejar target pada 2020 mendatang seluruh wilayah di Papua akan diterangi listrik.

“Kita harus bersyukur, saat ini desa yang belum teraliri listrik hanya 3.000 desa di Indonesia belum teraliri listrik, sekitar 2.000 desa berada di Papua,” ungkap Jokowi.

Namun, Presiden Jokowi akan memastikan bahwa pemerintah akan bekerja keras untuk mewujudkan seluruh desa di Papua agar bisa menikmati listrik secara keseluruhan.

Presiden juga telah memberikan mandat kepada Menteri ESDM dan PLN untuk bisa mengaliri listrik di seluruh desa di Papua 2018 mendatang.

Ia juga mengatakan jika bukan hal yang mudah untuk mengaliri listrik di wilayah pegunungan, namun Presiden mengaku optimis untuk bisa mengatasinya.

“Bukan suatu hal yang mudah mengerjalan listrik di Papua, harus melewati gunung, sungai, dan medannya juga sangat sulit ditempuh, tapi seberat apapun kita harus bisa menaklukan sehingga desa terpencil sekalipun bisa terang benderang,” ucapnya.

Untuk itu, Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN, Ahmad Rofik mengungkapkan dari ke-74 desa yang akan dialiri listrik total investasi yang dilakukan PLN mencapai Rp 150 miliar.

Jumlah kepala keluarga yang rumahnya telah dialiri listrik di 74 desa baru sebanyak 1.040 kepala keluarga yang merasakan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: