Pertama di Dunia, Prancis Hentikan Produksi Minyak dan Gas Tahun 2040

TrubusNews
| Followers 0
21 Des 2017   08:00

Komentar
Pertama di Dunia, Prancis Hentikan Produksi Minyak dan Gas Tahun 2040

Emmanuel Marcon, Presiden Prancis. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Prancis baru saja menetapkan peraturan baru (20/12), yaitu melarang semua produksi minyak dan gas tahun 2040 mendatang guna memerangi perubahan iklim. Pihak parlemen menyetujui rencana dari Presiden Emmanuel Marcon untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Kegiatan pengeboran minyak dan gas akan jadi ilegal baik di dalam negeri, maupun di wilayah luar teritorialnya. Izin pengeboran yang telah ada masih akan berlangsung hingga tahun 2040, tapi tidak ada perizinan baru mulai sekarang ini. Keputusan Prancis membuatnya menjadi negara pertama yang menetapkan peraturan ini di dunia.

Akan tetapi, munculnya peraturan baru ini sepertinya tidak akan berdampak signifikan terhadap perubahan iklim di dunia secara menyeluruh. Mengapa? Karena 99 persen minyak dan gas yang digunakan Prancis diimpor dari negara lain.

Namun, dilansir dari The Independent Pemerintah Prancis berharap keputusannya ini menjadi isyarat simbolis agar negara lain di dunia turut melakukan hal serupa.

Presiden Emmanuel menuliskan cuitan di Twitter pribadinya @EmmanuelMarcon (20/12), “Sangat bangga Prancis jadi negara pertama di dunia yang melarang lisensi eksplorasi minyak baru dengan segera dan semua produksi minyak dan gas akan dihentikan pada tahun 2040.”

Presiden Emmanuel memang ingin Prancis jadi pemimpin global dalam perang melawan perubahan iklim. Selain menghentikan produksi minyak dan gas, tahun 2040 mendatang ia juga akan melarang penjualan mobil berbahan bakar diesel dan bensin di Prancis.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: