Sepanjang 2017, Sukabumi Dilanda 140 Kali Bencana Alam

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
18 Des 2017   22:00

Komentar
Sepanjang 2017, Sukabumi Dilanda 140 Kali Bencana Alam

Tanah lonngsor, bencana alam yang banyak terjadi di Sukabumi. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa waktu terakhir, sejumlah bencana terjadi beruntun di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu daerah yang cukup banyak mengalami bencana alam sepanjang tahun 2017 ialah Sukabumi. Angkanya cukup fantastis, mencapai 140 kejadian.

Data tersebut dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi. Menurutnya, bencana alam di Sukabumi yang mencapai ratusan kejadian yakni banjir, tanah longsor, angin topan, gempa bumi, kebakaran, dan pohon tumbang.

“Bencana yang terdata berdasarkan kejadian dari Januari hingga November. Belum termasuk yang baru terjadi,” ungkap Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sukabumi, Zulkarnain Barhami kepada wartawan di Sukabumi, Senin (18/12).

Ia juga merinci kejadian bencana seperti longsor 47 kali, cuaca ekstrem 32 kali, kebakaran sebanyak 21 kali, banjir 18 kali, gempa bumi 18 kali dan angin topan sebanyak 4 kali.

Menurut Zulkarnain, bencana longsor yang cukup sering terjadi karena lantaran Sukabumi rawan terjadi pergerakan tanah. Sejumlah titik rawan longsor ada di Kecamatan Cisarua, Subangjaya, dan Cikole.

Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Apalagi, akhir tahun hingga Februari 2018 diperkirakan puncaknya musim hujan. Dikhawatirkan sejumlah bencana alam masih akan terus terjadi. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: