Keren, Ada Nyamuk yang Bisa Membasmi Demam Berdarah

TrubusNews
Trubus News
26 Juli 2017   06:45 WIB

Komentar
Keren, Ada Nyamuk yang Bisa Membasmi Demam Berdarah

ilustrasi nyamuk (Foto : Pixabay)

Mendengar kata nyamuk, yang pertama kali muncul dalam benak kita adalah biang banyak penyakit. Tapi di Brazil, ada nyamuk ‘baik’ yang bisa membasmi penyakit demam berdarah. Kabarnya nyamuk ‘baik’ ini akan disebarkan di Australia, Vietnam, dan Indonesia.

Melansir dari BBC, para peneliti dari Rio de Janeiro, Brazil, melepaskan ribuan nyamuk yang sudah terinfeksi bakteri. Harapannya nyamuk-nyamuk ini bisa berkembang biak dan mengurangi penyakit demam berdarah yang tersebar di Brazil.

Bakteri yang menginfeksi nyamuk ‘baik’ itu merupakan bakteri intraselular, Wolbachia. Bakteri ini tidak membahayakan manusia. Menurut Luciano Moreira yang merupakan peneliti dari Institute Fiocruz, Brazil, program penyebaran nyamuk ini telah dilakukan sejak tahun 2012.

Tim peneliti menangkap nyamuk dari empat titik di Rio de Janeiro untuk diinfeksi bakteri Wolbachia. Selanjutnya, nyamuk-nyamuk itu akan dilepas ke beberapa bagian di Rio de Janeiro.

Bakteri Wolbachia berfungsi sebagai vaksin yang menghentikan virus demam berdarah melalui proses reproduksi. Jika nyamuk ‘baik’ jantan kawin dengan nyamuk demam berdarah maka tidak akan membuahkan hasil.

Sebaliknya, nyamuk demam berdarah jantan yang kawin dengan nyamuk ‘baik’ betina akan menghasilkan nyamuk ‘baik’ yang baru. Ke depannya, semoga nyamuk ‘baik’ ini bisa mendominasi dan nyamuk demam berdarah perlahan lenyap dari muka bumi. [WO/SN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: