Warga California Kembali Dievakuasi, Kebakaran Lahan Kian Membesar

TrubusNews
Astri Sofyanti
11 Des 2017   11:30 WIB

Komentar
Warga California Kembali Dievakuasi, Kebakaran Lahan Kian Membesar

Warga kembali dievakusai karena kebakaran kian membesar. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran besar yang melanda hutan di kawasan California, Amerika Serikat belum juga berhenti. Kebakaran yang bernama Thomas Fire ini terus bergerak mendekati Santa Barbara, California.

Kebakaran semakin meluas, menghanguskan lebih dari 155 ribu hekatare lahan di wilayah tersebut. Demi keselamatan, warga sekitar diimbau untuk kembali mengungsi sejak Minggu (10/12) malam.

Kebakaran terparah di California ini terjadi di kota dekat pesisir Santa Barbara, California. Dipicu oleh angin kencang dan juga kondisi lahan yang kering. Sehingga, api berkobar semakin membesar dan menghanguskan ratusan bangunan.

Pihak kepolisian sekitar meminta warga bagian Carpinteria dan Montecito untuk segera mengungsi secara mandiri ketika kebakaran telah mendekati Santa Barbara. Padahal, kedua wilayah tersebut berjara cukup jauh yakni sekitar 100 mil dari sebelah barat Los Angeles.

Karena kondisi yang semakin menghawatirkan, Gubernur California, Jerry Brown mengeluarkan pernyataan bahwa Kota Santa Barbara, San Diego, Los Angeles, dan Ventura darurat kebakaran. Ini lantaran kobaran api tak terkendali.

Selain itu, kebakaran besar membuat udara menjadi tidak sehat karena dikepung asap. Kualitas udara yang buruk terjadi di lembah Ojai, di mana hingga saat ini telah mencapai tingkat yang sangat membahayakan. Hal tersebut diungkapkan oleh Pengawas Polusi Udara Kota Ventura (The Ventura County Air Pollution Control District).

Bisa dikatakan, kualitas udara yang saat ini semakin memburuk, sangat berbahaya di seluruh bagian Los Angeles. Jerry juga mengatakan hingga saat ini kerugian mencapai miliaran dollar AS. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: