Cara Baru Presiden Jokowi Mendistribusikan Dana Desa Tahun 2018

TrubusNews
| Followers 0
18 Nov 2017   11:00

Komentar
Cara Baru Presiden Jokowi Mendistribusikan Dana Desa Tahun 2018

Presiden Jokowi di acara Sarasehan DPD-RI. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Presiden Jokowi punya cara baru untuk mendistribusikan dana desa ke Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada tahun 2018 mendatang. Beliau ingin sebagian besar dari dana tersebut dimanfaatkan untuk sektor padat karya.

Tiga tahun lalu, Pemerintahan Jokowi mengeluarkan dana desa sebesar Rp 20 triliun. Pada 2016, meningkat menjadi Rp 47 triliun dan meningkat lagi Rp 60 triliun di tahun 2017.

“Sebelumnya kami hanya memfokuskan dana untuk pembangunan infrastruktur desa agar produk mereka bisa dengan cepat didistribusikan ke kota guna meningkatkan taraf ekonomi. Akan tetapi, kini kita berharap perputaran uang di desa juga jadi lebih banyak," kata Presiden Jokodi dalam Sarasehan Nasional DPD-RI, Jumat (17/11).

Setelah dana desa dievaluasi pemerintah, Jokowi mengatakan jika uang tersebut belum dirasakan secara maksimal oleh masyarakat.

"Oleh karena itu, pada tahun 2018 mendatang, kita harus fokus pada sektor padat karya. Kementerian PU, KKP, dan Perhubungan dapat menyiapkan skema padat karya dengan dana desa. Masyarakat desa diperboleh kerja di sana dan dibayar harian atau mingguan. Jadi, uang yang berputar di masyarakat desa lebih banyak," ucapnya.

Presiden Jokowi sangat berharap DPD-RI memberikan dukungan penuh akan cara baru distrubusi dana desa yang diterapkan tahun 2018 mendatang. Sebagai wakil rakyat, mereka bertanggung jawab untuk menyejahterakan desa.

“DPD harus memberi dukungan, karena ini kewajiban mereka,” tambah Presiden Jokowi. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: