Kesepakatan Indonesia dan Belanda Terkait Perubahan Iklim

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
17 Nov 2017   13:00

Komentar
Kesepakatan Indonesia dan Belanda Terkait Perubahan Iklim

Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Cora van Nieuwenhuizen membahas isu lingkungan. Khususnya upaya menghadapi perubahan iklim di Den Haag, Belanda.

Dalam siaran pers yang diterima Jumat (17/11), agenda pertemuan tersebut akan membahas kegiatan pengusaha muda yang peduli lingkungan Boyan Slat, pendiri proyek nirlaba Ocean Cleanup.

Luhut mengagumi apa yang dilakukan Slat. Ia berharap generasi muda Indonesia dapat menciptakan inovasi atau alat yang bisa membersihkan laut Indonesia dari sampah plastik. Ia berharap, universitas di Indonesia dapat membuat kompetisi yang mendorong generasi muda menjaga lingkungan, khususnya bidang kemaritiman.

Meski penemuan Slat penting, Nieuwenhuizen mengatakan jika yang lebih utama adalah membentuk mental anak muda untuk senantiasa menjaga lingkungan. Oleh karena itu, ia berharap Indonesia bisa berbagi pengalaman bagaimana beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.

Saat ini, Belanda telah mendirikan sebuah badan internasional bernama Global Center of Excellence on Climate Adaptation GCECA, bertujuan untuk berbagi keahlian dalam beradaptasi dengan perubahan iklim. 

"Laut adalah masa depan dan bagian terbesar dari Indonesia. Tahun depan kami akan mengadakan konferensi internasional membahas hal ini, tentunya kami juga akan mengundang Belanda. Sebagai negara kepulauan terbesar, saya rasa Indonesia berperan penting dalam sisi lingkungan," tegasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Baru Dibuka, Bukit Gunung Rinjani Terbakar

Thomas Aquinus   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan: