Ini Jawabannya Kenapa Indonesia Rentan Perubahan Iklim

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
14 Nov 2017   17:00

Komentar
Ini Jawabannya Kenapa Indonesia Rentan Perubahan Iklim

Kekeringan, salah satu dampak perubahan iklim ekstrem. (Foto : Foto: Pixabay/ jodylehigh)

Trubus.id -- Perubahan iklim yang semakin mengancam lingkungan membuat sejumlah aktivis peduli lingkungan memperdebatkan apa saja masalah yang akan timbul. Mereka juga fokus mencari jalan keluar agar perubahan iklim yang terjadi tidak semakin parah dan mengakibatkan bencana besar.

Jika dilihat, Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang emisi yang cukup besar. Sampai sekarang, masih banyak ditemukan industri tambang di Indonesia. Padahal, industri tersebut merupakan penyebab perubahan iklim yang semakin ekstrem.

Tidak heran jika sejumlah negara di Eropa, Cina, dan Korea Selatan telah menghentikan industri pertambangan batu bara sejak beberapa tahun lalu. Namun, Indonesia masih gencar memproduksi batu bara dengan jumlah yang sangat banyak.

Pemerintah sendiri berencana mengurangi dampak emisi yang terjadi di Indonesia pada 2030. Nyatanya, hingga kini industri batu bara di Indonesia masih merajalela. Perlu Trubus Mania ketahui, dampak yang akan timbul dari terjadinya perubahan iklim ialah hasil pertanian yang menurun, maraknya gagal panen, dan para nelayan yang tidak bisa melaut akibat sulit mendapatkan ikan.

“Sudah saatnya Indonesia menciptakan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan agar tidak memperparah perubahan iklim ekstrem,” terang Hindun Malaika, Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace, ketika diwawancarai Trubus.id pada acara Bincang Iklim di kawasan Cikini, Jakarta. (14/11).

Hindun Malaika, Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace (Foto: Trubus.id/ Astri Sofyanti).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, “Kami selalu mendorong implementasi nyata dari pemerintah untuk melakukan mitigasi. Perlu diketahui, bencana iklim sudah terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Kita tidak bisa hanya menunggu, perlu respon nyata dari pemerintah."

Diakui Hindun, masyarakat Indonesia telah terkena dampak perubahan iklim. Seperti masa kemarau yang cukup panjang dan maraknya gagal panen.

"Semua itu harus menjadi fokus utama pemerintah untuk mencegah perubahan iklim yang kian ekstrem," kata Hindun. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: