Ini Penyebab Harga Lada Anjlok, Mau Tahu?

TrubusNews
Astri Sofyanti
13 Nov 2017   21:00 WIB

Komentar
Ini Penyebab Harga Lada Anjlok, Mau Tahu?

Indonesia merupakan negara penghasil lada terbesar ke-2 di dunia. (Foto : Foto: Pixabay/41330)

Trubus.id -- Terjadi penurunan harga pada komoditas lada di pasar global. Penurunan tersebut diungkapkan oleh Kementerian Perdagangan. Padahal, Indonesia merupakan negara penghasil lada terbesar ke-2 di dunia.

Direktur Perundingan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) dan Organisasi Internasional, Kementerian Perdagangan, Deny Wachyudi Kurnia, mengungkapkan jika penurunan harga lada berkisar Rp 50 ribu per kilogram di tingkat petani. Sedangkan harga lada di tingkat eksportir berkisar Rp 80 ribu per kilogram. Dua tahun lalu, harga komoditas ini pernah menyentuh angka Rp 150 ribu per kilogram di tingkat petani.

“Salah satu pemicu anjloknya harga komoditas lada karena pasokan di pasar global sangat melimpah,” ungkap Deny di Kantor Kementerian Pertanian (13/11).

Ia mengatakan jika kelebihan pasokan tersebut bukan berasal dari Indonesia, melainkan Vietnam. Saat ini, Indonesia tercatat sebagai salah satu produsen lada nomor dua di dunia dengan rata-rata produksi mencapai 82 ribu ton setiap tahun. Produksi lada vietnam mencatat sekitar Rp 160 ribu ton per tahun.

Untuk membuat lada berada di level normal, Deny mengatakan jika pihaknya akan mendorong International Pepper Community (IPC) untuk berperan mengatasi masalah tersebut, tidak hanya fokus pada satu sisi saja.

"Ada banyak hal yang harus diperhatikan IPC, misalkan harga jual komoditas itu sendiri. Selama ini, organisasi tersebut hanya fokus pada peningkatan kualitas tanam, termasuk bibit dan hama," ucap Denny. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: