Melalui Buku dan Pelatihan, Petani Muda Ini Sebar Pengetahuan Sekaligus Buka Lapangan Pekerjaan

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Okt 2020   14:37 WIB

Komentar
Melalui Buku dan Pelatihan, Petani Muda Ini Sebar Pengetahuan Sekaligus Buka Lapangan Pekerjaan

Petani milenial sekaligus praktisi hidroponik Bayu Widhi Nugroho. (Foto : Instagram/@masbayoe)

Trubus.id -- Bayu Widhi Nugroho, pria kelahiran Cilacap, kini sukses menjadi petani hidroponik. Memiliki latar belakang keluarga petani membuatnya memantapkan diri terjun ke agribisnis. Dengan menekuni agribisnis, pria lulusan Universitas Gadjah Mada ini mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya, Sleman, Yogyakarta.

Bayu Widhi Nugroho, yang akrab disapa Mas Bayu ini memiliki keahlian di bidang hidroponik. Atas dasar itulah, Penebar Swadaya menggaetnya sebagai penulis buku bertema hidroponik. Buku 12 Hidroponik Starter yang terbit pada 2017 lalu ini menjadi alat atau sarana Mas Bayu untuk menyebarkan pengetahuan dan pengalamannya kepada masyarakat luas.

“Saya menuangkan pengalaman dan pengetahuan saya tentang hidroponik melalui buku 12 Hidroponik Starter yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya pada 2017 lalu. Ternyata, sambutan masyarakat antusias sekali,” kata Mas Bayu kepada Trubus.id.

Sosok Mas Bayu pun makin dikenal karena penerbitan buku bersama Penebar Swadaya. Banyak orang dan lembaga yang mengundangnya untuk memberikan pelatihan hidroponik di berbagai wilayah Indonesia. Pelatihan hidroponik yang dilakukannya meliputi tiga aspek, yakni pelatihan dasar, pelatihan skala industri, dan pelatihan nutrisi.

“Pelatihan yang saya lakukan hingga ke berbagai daerah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap teknik menanam secara hidroponik,” ujarnya.

Dari keberhasilannya menulis buku inilah, Mas Bayu membangun website hidroponikpedia. Di website tersebut, ia membagikan tutorial menanam dengan teknik hidroponik serta menyediakan beragam perlengkapan hidroponik. Selain itu, ia juga aktif membuat video tutorial di channel YouTube hidroponikpedia.

“Sejak 2017 saya membuat video tutorial menanam hidroponik karena banyaknya pertanyaan dari masyarakat. Saya ingin menanamkan pemahaman kepada masyarakat bahwa bertani itu mudah,” tutur Mas Bayu.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: