150 Partisipan Wirausaha Berembuk pada Konferensi SEAL 2020, Ini Hasilnya

TrubusNews
Binsar Marulitua
17 Sep 2020   15:00 WIB

Komentar
150 Partisipan Wirausaha Berembuk pada Konferensi  SEAL 2020, Ini Hasilnya

Ilustrasi. SEAL 2020 (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lebih dari 150 wirausahawan sosial, pemimpin dan perwakilan lembaga sumber daya perusahaan sosial, masyarakat sipil, bisnis, pemerintah dan lembaga multilateral yang secara virtual berkumpul di Konferensi Asia Third Social Enterprise Advocacy and Leveraging (SEAL) dari 16 hingga 17 September, 2020.

Selama dua hari terakhir, Konferensi SEAL 2020 telah membahas perspektif, pengalaman, dan inisiatif dengan tema “Kewirausahaan Sosial dan Kolaborasi Lintas Sektor: Memastikan Pemulihan Usaha Sosial menuju tidak Ada Orang yang tertinggal dalam membangun kembali yang lebih baik dan mencapai pembangunan berkelanjutan.”

SEAL 2020 mencatat bahwa bahkan sebelum pandemi COVID19, kawasan Asia Pasifik telah mengalami krisis pembangunan yang ditandai dengan prospek yang sangat redup untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2030. 

"Kami juga mencatat bahwa wirausahawan sosial dan inovator sosial di kawasan ini sudah diakui dan siap untuk berperan sebagai akselerator pencapaian SDGs," mengutip deklarasi SEAL 2020 dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Trubus.id, Kamis 17 September 2020
 
Tetapi COVID19 telah mengubah situasi secara drastis karena perusahaan sosial belum terhindar dari dampak pandemi yang menghancurkan. 

Terinspirasi oleh kisah yang luarbiasa dari berbagai lembaga sumber daya wirausaha sosial dan wirausaha sosial dalam upaya pemulihan mereka untuk menahan dampak buruk pandemi terhadap organisasi mereka masing-masing dan orang miskin yang mereka layani. 

Terlepas dari segala rintangan, kami juga terinspirasi oleh inisiatif wirausaha sosial untuk melakukan berbagai bentuk inovasi dalam hal produk, proses, dan model untuk mencapai misi sosial mereka.

Baca Lainnya : Misi Trubus Bina Swadaya dalam SEAL Asia 2020

Melalui konferensi SEAL 2020, berharap dalam mengoptimalkan TIK dan media sosial secara kreatif, wirausaha sosial menunjukkan jalan menuju ekonomi digital yang berorientasi pada masyarakat. 

Dengan memobilisasi pemangku kepentingan dan aset masyarakat, wirausaha sosial menjadi contoh apa artinya menjembatani kesenjangan digital dan sosial. Dan melalui usaha sosial yang telah memberdayakan perempuan dan laki-laki produsen 

Konferensi SEAL 2020 percaya bahwa kewirausahaan sosial dan pengejaran inovasi sosial dalam melibatkan pemerintah, sektor bisnis, dan lembaga multilateral adalah jalur yang sengaja kami tempuh bersama masyarakat sipil untuk memastikan pemulihan perusahaan sosial dan sektor yang terpinggirkan di Asia-Pasifik.

SEAL 2020 memuji peluncuran platform Pemberdayaan Perempuan, Penghidupan dan Pangan dalam Rantai Nilai Pertanian (WE LIVE FOOD) dan berkomitmen untuk menempatkan perempuan dan laki-laki petani, nelayan dan produsen skala kecil sebagai pusat inisiatif menuju ketahanan pangan dan pembangunan pertanian yang berkeadilan dan berkelanjutan.

SEAL 2020 berkomitmen dalam mengejar platform menuju Kesehatan untuk Semua; Pekerjaan Layak untuk Semua dalam Rantai Nilai Berkelanjutan; Revitalisasi Pedesaan, Kewirausahaan Pemuda dan Sosial serta Inovasi Teknologi menuju Pembangunan Berkelanjutan.

SEAL 20202 berkomitmen untuk mengembangkan inisiatif ini sebagai platform untuk sektor usaha sosial di Asia-Pasifik untuk melakukan pertukaran pembelajaran dan membangun komunitas praktik; mengukur dan memproyeksikan dampak kolektif; mengadvokasi perubahan dalam kebijakan dan program pemerintah; serta mendorong kolaborasi lintas sektor untuk tidak meninggalkan siapa pun dan membangun kembali dengan lebih adil.

"Kami akan berusaha untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sektor dalam mengembangkan Program Pemulihan Usaha Sosial dan Dana yang akan cukup besar dan responsif untuk mengurangi proses pemulihan sektor dan orang miskin yang kami layani," tutup deklarasi tersebut. 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: