New Normal, Wisma Hijau Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

TrubusNews
Astri Sofyanti
07 Juli 2020   17:27 WIB

Komentar
New Normal, Wisma Hijau Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Wisma Hijau. (Foto : Dok. Wisma Hijau)

Trubus.id -- Pandemi Covid-19 turut mengubah prilaku dan hidup masyarakat baik di Indonesia bahkan dunia. Pemerintah pun mulai menggaungkan penerapan tatanan kehidupan baru (new normal). Berbagai sektor mulai dibuka secara bertahap, salah satunya hotel.

Sebagai industri yang bergerak dibidang jasa perhotelan, Wisma Hijau mulai dibuka kembali. Kendati demikian, Direktur PT Bina Sarana Swadaya (Wisma Hijau) Sri Mulyati menuturkan Wisma Hijau memastikan penerapan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 di era new normal.

“Memasuki era new normal, penerapan protokol kesehatan di Wisma Hijau akan semakin digalakkan. Prosedur-prosedur ini berlaku baik untuk tamu ataupun karyawan,” kata Mulyati dalam Webinar yang digagas Trubus Bina Swadaya dengan Tema Keliling Wisma Hijau, Bersama Menjadi TBS, Selasa (7/7/20).

Dirinya mengungkapkan, sejumlah protokol kesehatan ketat yang dilakukan Wisma Hijau di rea new normal ini antara lain melakukan pengecekan suhu bagi tamu dan karyawan di pintu kedatangan. Semua tamu dan karyawan yang memasuki area Wisma Hijau wajib mengenakan masker dan menjaga jarak.

Pengelola Wisma Hijau juga melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di seluruh area Wisma Hijau mulai dari kamar, ruang makan, dan beberapa tempat lainnya secara berkala. Wisma Hijau juga memperbanyak tempat cuci tangan dan menyediakan hand sanitizer di berbagai titik.

Sementara untuk penerapan protokol kesehatan di area kamar, Wisma Hijau melalukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di kamar sesudah dan sebelum digunakan. “Kami memastikan seluruh proses pembersihan di kamar dan toilet untuk kenyamanan para tamu,” ungkapnya.

Wisma Hijau juga melakukan fooging setiap 2 minggu sekali, ini dilakukan karena mayoritas area Wisma Hijau adalah taman.

Diakui mulyati, menjaga jarak aman (physical distancing) juga berlaku di kamar, ruang makan, hingga ruang meeting.

Penerapan protokol kesehatan di ruang makan dengan mengatur jarak antar meja. Foto. Dok Wisma Hijau.

“Di era new normal, kami betul-betul menyiapkan segalanya untuk mengikuti protokol kesehatan. Kami hanya menerima kapasitas tamu sebanyak 50 persen. Mulai dari kamar berkapasitas 2 orang kini menjadi 1 orang. Kami juga memperhitungkan jarak minimal satu meter antar tamu baik di ruang meeting ataupun ruang makan,” tutur Mulyati.

Sebagaimana diketahui, Wisma Hijau mulai menutup seluruh kegiatan akibat dampak dari pandemi Covid-19 sejak pertengan Maret lalu dan baru di buka kembali sejak akhir Juni kemarin.

Lebih lanjut dikatakan Mulyati, meski sebelumnya Wisma Hijau tidak menerima tamu, tapi catering baik perusahaan ataupun perorangan masih tetap berjalan.

Berkaitan dengan pencegahan penularan Covid-19, ia mengungkapkan bahwa Wisma Hijau menerapkan sejumlah SOP, terutama bagi karyawan yang melayani catering baik dari proses memasak, persiapan, sampai distribusi ke tepat pemesanan, Wisma Hijau juga menjalankan protokol ketat.

“Sebagai langkah pencegahan, teman-teman selalu menggunakan sarung tangan, masker hingga penutup kepala, ini sudah menjadi SOP food and beverage Wisma Hijau, bahkan dari sebelum pandemi Covid-19,” pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: