Melindungi Anak, Lindungi Bangsa: Cegah Kekerasan Seksual pada Anak Indonesia

TrubusNews
Syahroni
02 Juli 2020   11:07 WIB

Komentar
Melindungi Anak, Lindungi Bangsa: Cegah Kekerasan Seksual pada Anak Indonesia

ilustrasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Maraknya pemberitaan di media massa mengenai kekerasan seksual terhadap anak cukup membuat masyarakat prihatin. Apalagi selama ini posisi anak banyak yang hanya dijadikan sebagai subyek belaka. Suara mereka tidak didengar. Keluhan mereka juga kerap diabaikan. Yang lebih memprihatinkan, orang dewasa yang seharusnya bertugas melindungi, acap kali justru melukai dengan dalih melindungi.

Karena itulah, tingkat kekerasan dan pelecehan seksual pada anak terus meningkat. Efeknya seperti fenomena gunung es. Banyak, tetapi tak nampak. Tertutup oleh stigma aib, malu dan bukan ranah publik. Lalu bagaimana agar anak-anak dapat melindungi dirinya? Apa tugas dan kewajiban orang dewasa di sekitarnya?

Dalam rangka memperingati Hari Anak pada bulan ini, Social & Humanitarian Respone (SHaRE) Trubus Bina Swadaya dan Program Protection Againts Sexual Exploitation and Abuse (PSEA-CRS) bekerja sama menggelar webinar dengan tema  “Perlindungan Bagi yang Rentan, Melawan Pelecehan Seksual pada Anak”. Acara ini sendiri akan digelar Kamis (02/07/ 2020) pukul 14.00-16.00 WIB via zoom. 

Dalam webinar kali ini, hadir untuk berbagi, beberapa pakar seperti Vera Itabiliana Hadiwidjojo. Psikolog Anak ini akan berbicara tentang banyak hal yang bisa dilakukan untuk melindungi anak dari kejahatan seksual. 

Selain Vera, Frisca Anindhita, Sr. Project Officer PSEA-CRS juga akan berbagi tentang Pencegahan pelecehan dan eksploitasi seksual dalam isu kemanusiaan. Kata sambutan sendiri akan diberikan Emilia Setyowati, Sekretaris Eksekutif Yayasan Bina Swadaya. Sementara moderator yang bertugas adalah Agung Prasetio, Team Leader Social & Humanitarian Response TBS. 

Mari bergabung dan bergerak bersama melindungi anak negeri. Daftarkan segera diri Anda di http://bit.ly/DaftarWebinarPBYR. Meeting ID dan Password akan dikirimkan langsung melalui email. Webinar ini juga akan disiarkan langsung juga di Youtube chanel BINA SWADAYA di waktu yang sama.

Keprihatinan Anda bisa membantu menyelamatkan generasi muda di masa depannya loh… !!!

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: