Jokowi Minta Kemenkes Tak Bertele-tele dalam Pencairan Pembayaran Tenaga Kesehatan

TrubusNews
Binsar Marulitua
29 Juni 2020   16:09 WIB

Komentar
Jokowi Minta Kemenkes Tak Bertele-tele dalam Pencairan Pembayaran Tenaga Kesehatan

uasana sebelum pelaksanaan Ratas mengenai Percepatan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2020). (Foto : Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta agar pembayaran disbursement untuk pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan Covid-19 dipercepat pencairannya dan prosedur tidak bertele-tele. 

Perihal tersebut disamppaikan saat membuka rapat terbatas tentang Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 yang disiarkan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (29/6/2020).

"Saya minta disbursement, pembayaran untuk pelayanan kesehatan terkait Covid dipercepat pencairannya. Jangan sampai prosedur di Kemenkes itu jangan sampai bertele-tele," ujar Jokowi.

Baca Lainnya : KIARA Prediksi Kerusakan Pemberian Reklamasi 150 Hektare Ancol oleh Gubernur Anies

Jokowi juga mengingatkan agar Peraturan Menteri (Permen) yang berbelit-belit dapat disederhanakan. Dengan demikian, semua proses terkait pembayaran pelayanan kesehatan covid-19 dapat berjalan lebih cepat.

"Kalau aturan di Permen terlalu berbelit-belit ya disederhanakan. Pembayaran klaim rumah sakit secepatnya, insentif tenaga medis secepatnya, insentif petugas lab secepatnya. Kita nunggu apalagi ini, anggarannya sudah ada," ucap Jokowi.

Jokowi sebelumnya sempat mengungkapkan kekesalan pada Kemenkes lantaran penggunaan anggaran yang tak maksimal.

Ia meminta agar anggaran kesehatan segera dikeluarkan untuk membayar tunjangan dokter, dokter spesialis, dan tenaga medis lain.

"Enggak ada lagi egosektoral, ego-kementerian, ego-lembaga, ego-kedaerahan, apalagi jalan sendiri-sendiri. Saya kira ini sudah harus kita hilangkan,” tambahnya. 

Baca Lainnya : KLHK Ungkap Lahan Gambut Dalam Tidak Bisa Dijadikan Sawah di Kalimantan Tengah 

Pada bagian akhir, Jokowi minta disiapkan sebuah terobosan agar ada sesuatu baru lagi yang dikerjakan bersama-sama.

“Dan memberikan efek besar pada masyarakat untuk betul-betul kita mematuhi protokol kesehatan yang ada,” pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: