Banjir Rob Berpotensi Landa 4 Wilayah, BMKG Minta Masyarakat Pesisir Waspada

TrubusNews
Binsar Marulitua
27 Mei 2020   20:00 WIB

Komentar
Banjir Rob Berpotensi Landa 4 Wilayah, BMKG Minta Masyarakat Pesisir Waspada

Ilustrasi banjir Rob (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bakal terjadi banjir pesisir (banjir ROB) yang terjadi pada empat wilayah di Indonesia. Peringatan banjir Rob tersebut terhitung Rabu (27/5/2020) sampai Kamis (28/5/2020). 

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo mengatakan keempat wilayah yang diprediksi bakal diterjang banjir Rob adalah;Pesisir barat Lampung, Pesisir selatan Pulau Jawa, Pesisir selatan Pulau Bali,Pesisir selatan Nusa Tenggara Barat. 

"Kondisi ini dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia berupa banjir pesisir akibat adanya aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi," jelas Eko melalui keterangan tertulis, Rabu (27/5/2020). 

Eko menambhakan, potensi banjir Rob ini   berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Masyarakat pun diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG melalui

- call center 021-6546315/18;
- http://www.bmkg.go.id;
- follow media sosial @infoBMKG;
- atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: