Sudah 33 Hektare Lahan Terbakar Hingga Hari ke-14 Operasi Karhutla di Bengkalis

TrubusNews
Binsar Marulitua
24 April 2020   12:23 WIB

Komentar
Sudah 33 Hektare Lahan Terbakar Hingga Hari ke-14 Operasi Karhutla di Bengkalis

Ilustrasi Kebakaran hutan dan lahan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan, operasi darat pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada beberapa titik di wilayah Bengkalis, Provinsi Riau terus berlangsung. Memasuki hari ke-14, Personel satuan tugas (satgas) darat masih fokus melakukan pemadaman 3 titik. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, menjelaskan ersonel satgas darat yang terdiri atas TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, perusahaan dan masyarakat masih melakukan pemadaman lahan terbakar yang berlokasi di lahan koridor Abdeling 2, Kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat.

Baca Lainnya : Deforestasi Netto Tahun 2018-2019 Capai 462,4 Ribu Hektare, KLHK Sebut Rendah dan Stabil

"Satu wilayah lain di Bengkalis masih berlangsung proses pendinginan. Luas lahan terbakar di wilayah Bengkalis sekitar 33 hektare" jelas  Agus Wibowo, Kamis (24/4/2020). 

Agus juga membeberkan,  karhutla lain terjadi di Kecamatan Rupat, yaitu di Desa Darul Aman. Kebakaran lahan di wilayah ini cukup luas sekitar 10 hektare .Pihak berwenang masih melakukan investigasi insiden terkait pemilik dan penyebab kebakaran.

"Api masih termonitor di wilayah ini,"jelasnya.

Baca Lainnya : Cuaca Panas dan Angin Kencang Sebabkan 19,7 Hektare Lahan Terbakar di Riau

Sedangkan pemadaman karhutla yang masih terjadi di Kecamatan Rupat, tambah Agus, lokasi berada di Kelurahan Terkuk dan lahan yang berbatasan dengan dua desa, yaitu Desa Dungun Baru dan Teluk Lecah. Pemadaman api masih berlangsung di kawasan tersebut.

"BNPB telah mengoperasikan helikopter untuk melakukan pengeboman air di Provinsi Riau,"tegasnya.

 

 

 

Agus Wibowo

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: