Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Tembus 2.491, Pasien Sembuh Bertambah Jadi 192 Orang

TrubusNews
Astri Sofyanti
06 April 2020   17:16 WIB

Komentar
Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Tembus 2.491, Pasien Sembuh Bertambah Jadi 192 Orang

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB di Jakarta, Senin (6/4). (Foto : Dok. BNPB)

Trubus.id -- Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia mencapai 2.491 orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengkonfirmasi hingga Senin (6/4), total pasien sembuh mencapai 192 orang atau bertambah sebanyak 28 orang.

Yuri menambahkan sebanyak 209 pasien dinyatakan meninggal dunia, ia mengatakan bahwa jumlah pasien meninggal dunia bertambah 11 orang dibanding hari sebelumnya.

“Ini gambaran yang riil dari data yang kita dapatkan hari ini, masih menunjukkan terjadinya penularan. Masih ada kasus positif tanpa gejala yang ada di tengah masyarakat,” kata Yuri, dalam konferensi pers di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB di Jakarta, Senin (6/4).

Lebih lanjut Yuri mengungkapkan, pemerintah akan terus melakukan kajian epidemiologi dan membatasi mobilitas manusia untuk mencegah penularan lebih luas.

Untuk itu ia mengimbau masyarakat untuk disiplin dan mematuhi instruksi pemerinetah untuk tetap dirumah, menggunakan masker dan sering mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan air mengalir.

“Apabila kita disiplin melakukan itu maka kita yakin bahwa penularan ini bisa kita hentikan. Kami yakin kita bisa melalui masa-masa sulit. Kami yakin Indonesia pasti bisa,” tegasnya.

Selain itu, partisipasi masyarakat dari seluruh penjuru dunia telah diterima pemerintah Indonesia Rp82,5 miliar dan sudah disalurkan untuk penanganan Covid-19.

Sebelumnya pada Minggu (5/4) tercatat kasus positif sebanyak 2.273 kasus, dengan rincian pasien sembuh sebanyak 164 orang, sementara 198 orang meninggal dunia.

Sejauh ini, catatan pemerintah menunjukkan DKI Jakarta masih jadi provinsi dengan jumlah pasien positif COVID-19 terbanyak, yaitu 1.232 jiwa per 6 April.

Setelah DKI Jakarta, ada Jawa Barat dengan 263 kasus, Jawa Timur dengan 189 kasus, Banten dengan 187 kasus, Jawa Tengah dengan 132 kasus, dan Sulawesi Selatan dengan 113 kasus.

Gugus Tugas mencatat 32 provinsi sudah terpapar COVID-19 dengan rincian 20 provinsi mengalami peningkatan kasus positif per 6 April di antaranya di Bali (tambah 7 kasus), Banten (tambah 10 kasus), DI Yogyakarta (tambah 6 kasus).

Kemudian, DKI Jakarta (tambah 101 kasus), Jawa Barat (tambah 11 kasus), Jawa Tengah (tambah 12 kasus), Jawa Timur (tambah satu kasus), Kalimantan Barat (tambah dua kasus), Kalimantan Timur (tambah satu kasus).

Di Kalimantan Tengah (tambah 9 kasus), Kalimantan Selatan (tambah dua kasus), Kalimantan Utara (tambah tujuh kasus), Nusa Tenggara Barat (tambah tiga kasus), Sumatera Barat (tambah 10 kasus), Sulawesi Utara (tambah dua kasus), Sumatera Utara (tambah satu kasus), Sulawesi Tenggara (tambah satu kasus), Sulawesi Selatan (tambah 30 kasus), Lampung (tambah satu kasus), dan Riau (tambah satu kasus).

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: