Warga Mekarsari Antusias dalam Memanfaatkan Wastafel Portable

TrubusNews
Hernawan Nugroho
01 April 2020   21:30 WIB

Komentar
Warga Mekarsari Antusias dalam Memanfaatkan Wastafel Portable

Anak-anak antusias untuk mencuci tangan menggunakan wastafel portabel (Foto : M. Hernawan Nugroho)

Trubus.id -- Salah satu cara yang diyakini dapat bekerja secara efektif mencegah penularan virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Bahkan, menurut sebuah penelitian, Profesor kimia dari University of New South Wales, Sydney, Pall Thordarson menjelaskan sabun disebut lebih efektif untuk digunakan daripada cairan pembersih tangan atau hand sanitizer, karena dapat menghilangkan bakteri dan virus yang ada di permukaan kulit.

Sabun mengandung sejenis lemak yang disebut sebagai amphiphiles. Amphiphiles ini secara struktur sangat mirip dengan lemak yang ada di membran virus. Sehingga molekul-molekul sabun dapat 'bertarung' dengan lemak yang ada di membran virus. Inilah cara yang kurang lebih sama, ketika sabun bekerja menghapus kotoran dari kulit. Sabun tidak hanya melepaskan virus yang melekat dengan kulit, namun juga memisahkan ketiga komponen pembentuk virus, yakni protein, RNA, dan lemak yang menyatu.

Berangkat dari fakta itu, maka bentuk bantuan dari Trubus Bina Swadaya (TBS) melalui tim Social Emergency Response Bina Swadaya (SER-BS) berbentuk paket wastafel portable. Paket itu berisi ember penampung air dilengkapi dengan sabun cair dan selang untuk mengalirkan air dari sumber air. 

(foto: shanty)

Menurut pengamaan Trubus.id dan laporan dari pihak Kelurahan Mekarsari, masyarakat merespon baik terhadap adanya wastafel portabel di berbagai tempat strategis. Warga masyarakat banyak yang memanfaatkan alat itu untuk mencuci tangan setelah melakukan bermacam kegiatan. Untuk menjaga kenyamanan warga dalam memanfaatkan wastafel portabel itu, pada setiap titik penempatan wastafel itu ada beberapa orang yang ditugaskan untuk mengontrol kondisi ketersediaan air dan sabun cair.

Hal itu menggembirakan bagi Iqbal Faroid, Lurah Mekarsari, karena menunjukkan sudah tumbuhnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan dan memutus penyebaran covid-19 atau virus corona. Sampai saat ini, di Kelurahan Mekarsari sudah ada 2 korban meninggal dunia akibat virus corona. Iqbal berharap dengan adanya wastafel portabel dan ditunjang kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan dapat mencegah terjadinya korban baru.

(foto: Hernawan)  

 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: