Hespridin pada Kulit Jeruk Bisa Tangkal Corona, Begini Cara Sajinya

TrubusNews
Binsar Marulitua
28 Mar 2020   10:45 WIB

Komentar
Hespridin pada Kulit Jeruk Bisa Tangkal Corona, Begini Cara Sajinya

Ilustrasi buah Jeruk (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jumlah kematian akibat Virus Corona (Covid-19) tak juga kunjung melambat meski sejumlah negara telah melakukan pencegahan maksimal dengan "mengunci pintu" atau me-lockdown wilayah.

Beberapa upaya pencegahan pun bisa dilakukan masyarakat dunia , misalnya dengan rutin mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Di sisi lain, berbagai riset pun terus dilakukan para ahli guna menemukan senyawa yang untuk menangkal Covid-19. 

Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB telah melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi bisa digunakan melawan virus corona.

 “Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus," kata Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara Dilansir dari laman resmi IPB.

Baca Lainnya : Masker N95 dan Respirator Tidak Bisa Cegah Virus Corona

Menurut Irmanida Batubara, senyawa tersebut banyak ditemukan di kulit buah jeruk. "Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih," ujarnya.

 Kendati akan ada sedikit rasa pahit, namun rasa pahit ini yang menandakan adanya kandungan hesperidin ada di dalam jeruk. Selain diolah langsung sebagai jus, jeruk beserta kulitnya ini juga bisa diolah dengan cara membuat infuse water untuk kemudian dikonsumsi untuk mendapat senyawa hesperidin dari kandungan buah tersebut.

Irmanida mengatakan, senyawa hesperidin terkandung pada semua jenis jeruk. Sehigga, masyarakat bisa memanfaatkan semua jenis jeruk, tak terbatas pada buahnya saja.

 “Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya,” ujarnya.

Virus Corona  yang menyerang Indonesia sampai saat ini sudah menulari 1.046 orang di 11 Provinsi. Berdasarkan data per 27 Maret kemarin itu, 87 orang dilaporkan meninggal dunia, 46 orang sembuh, dan 913 dirawat. 

Baca Lainnya : Nelayan Indonesia Bertahan dalam Terpaan 'Badai' Corona

DKI Jakarta merupakan wilayah yang terdampak paling parah dengan jumlah 524 pasien positif corona. Dari seluruh pasien positif di DKI itu, 51 orang meninggal dunia dan 31 orang sembuh. Sementara warga negara Indonesia yang terinfeksi corona di luar negeri sebanyak 92 orang per 26 Maret 2020 (satu orang meninggal di Singapura). 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan: