Redam Corona, Jokowi Belanja 5 Ribu Avigan dan 3 Juta Chloroquin ke Luar Negeri

TrubusNews
Binsar Marulitua
20 Mar 2020   18:04 WIB

Komentar
Redam Corona, Jokowi Belanja 5 Ribu Avigan dan 3 Juta Chloroquin ke Luar Negeri

Presiden Joko Widodo (Foto : Humas Sekretariat Kabinet)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, telah menyiapkan obat untuk meredam virus Corona (Covid19), walaupun saat ini belum ditemukan antivirus tersebut. 

Obat obatan tersebut dipilih dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara yang berhasil menyembuhkan dan menurunkan jumlah kasus paparan.

"Namun beberapa negara sudah mencoba dua obat yang dinyatakan ampuh untuk mengatasi virus ini, yakni avigan dan chloroquine," jelas Jokowi dalam konferensi persnya, Jumat (20/3/2020).

Jokowi mengatakan, pemerintah sudah mendatangkan 5 ribu avigan, dan sedang proses pemesanan sebanyak 2 juta. Sedangkan chloroquin sudah disiapkan 3 juta.

"Kita sudah siap 3 juta, kecepatan ini yang ingin kita sampaikan, kita tidak diam, tapi mencari hal, informasi-informasi apa yang bisa kita dapat menyelesaikan Covid ini," ujar Jokowi.

Selain itu, pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit.

Baca Lainnya : Terus Melonjak, 18 Orang Meninggal Dunia dengan 215 Kasus Terpapar Corona di Jakarta

”Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 dan juga sebagai rumah isolasi pada nanti Sabtu malam, 21 Maret 2020. Pulau Sebaru dan Pulau Galang juga disiapkan untuk menjadi ruang karantina dan observasi dan isolasi. Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu, 28 Maret 2020,” tutur Jokowi.

Kapasitas rumah sakit rujukan, menurut Presiden, akan terus ditingkatkan dan ditambah, baik dari sisi ruang, dari sisi peralatan, obat, dan SDM. 

”Rumah sakit TNI, rumah sakit Polri, dan rumah sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan sebagai rumah sakit Covid-19. Rumah sakit swasta juga akan diajak serta untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya,” jelasnya. 

Baca Lainnya : Kemenkes Kaji Pelaksanaan ‘Rapid Test’ Hambat Penyebaran Virus Corona di Seluruh Indonesia

Jokowi menambahkan, akan menggerakkan seluruh kekuatan Pemerintah serta kekuatan negara dan bangsa untuk mengatasi kesulitan ini, baik permasalahan kesehatan maupun masalah sosial ekonomi yang mengikutinya. 

”Dari hari ke hari kita telah melakukan langkah-langkah cepat dalam menangani penyebaran Covid-19 ini, yang telah melanda lebih dari 180 negara di dunia,” ujar Jokowi.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bertambah 218, Pasien Positif Covid-19 Jadi 2.956 Kasus

Peristiwa   08 April 2020 - 16:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: