Presiden Jokowi Tindak Tegas Warga yang Mempermainkan Hutan Sosial

TrubusNews
| Followers 0
05 Nov 2017   10:00

Komentar
Presiden Jokowi Tindak Tegas Warga yang Mempermainkan Hutan Sosial

Presiden Jokowi memberi SK Hutan pada warga Wonoharjo. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Presiden Jokowi tidak main-main urusan Program Perhutanan Sosial. Kalau ada warga yang tidak serius, ia tidak segan-segan mencabut Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial dari petani.

Presiden Jokowi menjelaskan dalam sambutan penyerahan SK Perhutanan Sosial di Wonoharjo, Boyolali (4/11), "Kami sudah memberi SK, tapi kalau nantinya malah dibiarkan, ditelantarkan, ya kami tarik kembali. Pemberian ini tolong dimanfaatkan secara produktif. Jangan sampai ada tanah yang nganggur."

Ada sekitar 1.890 hektar lahan yang masuk dalam SK Perhutanan Sosial tersebut dan berlaku selama 35 tahun kedepan. Presiden Jokowi memberikan lahan tersebut pada beberapa kelompok tani yang terdiri dari 1.685 keluarga. 

Presiden sangat tegas akan SK Perhutanan Sosial yang dikeluarkan ini, bahkan dirinya akan memantau satu per satu lahan yang dikelola warga. Presiden juga menegaskan kalau SK ini harus jadi langkah nyata yang menyejahterakan masyarakat, bukan sekadar pemberian simbolis.

SK Perhutanan Sosial diyakini Presiden Jokowi menjadi salah satu langkah untuk melakukan pemberdayaan ekonomi pada masyarakat. Sebelum memberi SK Perhutanan Sosial di Wonoharjo, Presiden Jokowi juga telah memberi lahan pada masyarakat di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Hari Rabu (1/11).

Langkah ini dilakukan dengan kerja sama bank-bank milik negara yang bertujuan untuk mendukung warga secara finansial dalam mengembangkan perhutanan sosial. Tapi Presiden Jokowi juga menekankan warga agar teliti menentukan jumlah pinjaman ke bank agar mereka tidak rugi.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: