Gempa Magnitudo 6,6 Goyang Bali, Tumbukan Lempeng Australia dan Eurasia Jadi Penyebab

TrubusNews
Binsar Marulitua
19 Mar 2020   09:50 WIB

Komentar
Gempa Magnitudo 6,6 Goyang Bali, Tumbukan Lempeng Australia dan Eurasia Jadi Penyebab

ILustrasi gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,6 Magnitudo mengguncang Kuta, Bali, hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis dini hari 19 Maret 2020. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hasil permodelan gempa terjadi pada pukul 00.45.37 WIB tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, Gempa terekam berlokasi dari kedalaman 10 kilometer di bawah laut di Samudera Indonesia, 273 kilometer bara daya Kuta Selatan. Episentrum sumber gempa tepatnya berada di 11,25 Lintang Selatan dan 115,09 Bujur Timur. 

Hasil analisis BMKG mengungkapkan, lokasi sumber gempa tepat di zona tumbukan lempeng benua  australia dan eurasia. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

Baca Lainnya : Melonjak Tajam, Pasien Meninggal Dunia Terpapar Virus Corona Capai 19 Orang

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault),"jelas Rahmat.

Rahmat menjelasakan, hingga hari Kamis, 19 Maret 2020 pukul 01.04 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ). 
Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 

Baca Lainnya : Kominfo Deteksi 242 Konten Hoaks Terkait Informasi Virus Corona

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.  


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bertambah 218, Pasien Positif Covid-19 Jadi 2.956 Kasus

Peristiwa   08 April 2020 - 16:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: