Pangkalan Bun Jadi Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
05 Nov 2017   06:03

Komentar
Pangkalan Bun Jadi Instalasi Karantina Hewan Terbesar di Indonesia

Instalasi Karantina Hewan di Kotawaringin Barat (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, terpilih menjadi satu-satunya Instalasi karantina Hewan (IHK) terbesar se Indonesia. Lahan seluas lima hektare yang didirikan Balai Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian tersebut diresmikan pada (3/11) lalu.

“Instalasi Karantina Hewan yang dibangun di Desa Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai adalah yang terbesar,” terang Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian Banun Harpin.

“Sedikitnya sekitar 600 ekor sapi berada di dalam karantina tersebut,” tambahnya.

Terpilihnya Pangkalan Bun sebagai tempat IKH dikarenakan peternakan sapi di wilayah tersebut perkembangannya cukup produktif. IKH tersebut mengaplikasikan program integrasi sapi dan sawit.

“Sapi yang digemukkan, mulai dari indukan, ataupun bakalan sapi perlu instalasi, dan di IKH ini kami melengkapi kebutuhan masyarakat akan produktivitas sapi di wilayah ini,” ujar Banun.

Pada peresmian tersebut, turut hadir pula Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah “Kami berharap Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi salah satu produsen daging di Indonesia,” ungkapnya.

Dengan adanya IKH, kualitas mulai dari kesehatan dan pemeliharaan hewan ternak di wilayah tersebut bisa dikontrol dengan baik.

Pengembangan sapi dan sawit di kabupaten tersebut turut dikembangkan oleh Kelompok Tani Subur Makmur, di Desa Pangkalan Tiga, Kotawaringin Barat. Selain itu, pengelola program integrasi sapi dan sawit tersebut telah menyediakan sebanyak 10.000 ekor sapi di di Kotawaringin Barat.

“Jadi tiap sapi yang masuk harus melalui proses karantina, jangan sampai penyakit-penyakit yang dibawa hewan dari berbagai negara masuk ke wilayah kita menyebar. Apabila sapi melalui karantina nilai ekonomisnya pun pasti bagus,” ungkap Anggota Komisi IV DPR-RI, Rahmat Nasution Hamka, yang turut hadir di peresmian IKH tersebut. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Rumah Warga Aceh di Rusak Kawanan Gajah Liar

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: