Surati Jokowi, WHO Desak Indonesia Tingkatkan Mekanisme Tanggap Darurat Pendemi Virus Corona

TrubusNews
Binsar Marulitua
14 Mar 2020   06:00 WIB

Komentar
Surati Jokowi, WHO Desak Indonesia Tingkatkan Mekanisme Tanggap Darurat Pendemi Virus Corona

Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto : (Denis Balibouse/Reuters))

Trubus.id -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan mekanisme tanggap darurat menghadapi penanggulangan pandemi virus corona.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus telah menyurati Presiden Joko Widodo terkait penanganan virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 di Indonesia.

Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom dan dikirimkan ke Jokowi pada 10 Maret lalu. Surat itu juga diteruskan kepada Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri.

"Kami merekomendasikan beberapa hal yang penting dan darurat untuk menekan transmisi lokal dan mencegah penyebaran lebih luas. Salah satunya, meningkatkan mekanisme tanggap darurat termasuk deklarasi darurat nasional," ujarnya.

Tedros dalam suratnya mengatakan WHO telah bekerja maksimal untuk menganalisis dan menyebarluaskan informasi tentang COVID-19. Untuk mengalahkan virus ini, setiap negara perlu mengambil langkah-langkah kuat yang dirancang untuk memperlambat penularan dan mencegah penyebaran.

"Sayangnya, kami telah melihat kasus yang tidak terdeteksi atau tidak terdeteksi pada tahap awal wabah yang mengakibatkan peningkatan signifikan dalam kasus dan kematian di beberapa negara," jelasnya. 

Untuk tujuan ini, WHO terus mendesak negara-negara berfokus pada deteksi kasus dan kapasitas pengujian laboratorium, terutama di negara-negara dengan populasi besar dan berbagai kapasitas sistem kesehatan di seluruh negara. 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Harga Gula Masih Melambung di Atas Harga Eceran Tertinggi

Peristiwa   03 Juni 2020 - 17:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: