Kendalikan Penyebaran Covid-19 Pemerintah Gerakkan Bersih-Bersih di Stasiun Gambir

TrubusNews
Astri Sofyanti
13 Mar 2020   09:00 WIB

Komentar
Kendalikan Penyebaran Covid-19 Pemerintah Gerakkan Bersih-Bersih di Stasiun Gambir

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Kepala BNPB melakukan gerakan bersih-bersih Satsiun Gambir guna mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (12/3) (Foto : Dok. BNPB)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Kementerian Badan Usaha MIlik Negara (Kementerian BUMN) bersama instansi/lembaga terkait melakukan gerakan bersih-bersih untuk mengendalikan penyebaran virus corona (Covid-19) di fasilitas umum.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo mengungkapkan, gerakan bersih-bersih fasilitas umum ini dilakukan seiring ditunjukkan BNPB selaku koordinator Satuan Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus (Covid-19) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Agus menjelaskan bahwa BNPB akan menjadi koordinator dalam hal koordinasi antarlembaga terkait penanganan Covid-19 secara nasional. Melibatkan unsur pemerintah pusat maupun daerah, organisasi masyarakat, lembaga nonpemerintah, serta stakeholder terkait yang dibutuhkan.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan "untuk mencegah penyebaran Covid-19, perlu adanya kesadaran bersama. Oleh karena itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI dan POLRI melakukan pengurangan risiko penyebaran Covid-19 di tempat publik, salah satunya dengan gerakan bersih-bersih di Stasiun Gambir", hal itu diucapkan Erick saat meninjau pembersihan Stasiun Gambir, Kamis (12/3) bersama Kepala BNPB, Dandim Jakarta Pusat dan Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Kegiatan bersih-bersih dilakukan oleh pasukan TNI / POLRI, PT KAI dan PPSU melakukan pembersihan menggunakan biosanitizer dengan cara menyemprotkan ke kursi, pagar dan ruangan yang ada di Stasiun Gambir.

Erick mengatakan kegiatan ini telah rutin dilakukan agar masyarakat merasa aman, “kegiatan ini telah rutin dilakukan, setiap hari sekali dilakukan pembersihan agar masyarakat merasa aman saat berada di tempat publik,” kata Erick.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo pada kesempatan yang sama menambahkan, “membersihkan tempat-tempat publik secara rutin harus dilakukan, baik itu sekolah, kantor, tempat ibadah dan fasilitas publik lainnya,” ujar Doni.

Selain itu, Kepala BNPB juga mengajak seluruh pihak menjaga kebersihan lingkungan untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

“kami menghimbau kepada pemerintah pusat dan daerah, swasta hingga keluarga untuk rutin membersihkan lingkungan masing-masing untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Kepala BNPB.

PT KAI selaku pengelola stasiun telah melakukan sosialisasi pencegahan kepada para penumpang di beberapa stasiun dan juga rutin membersihan gerbong kereta dan stasiun menggunakan bahan kimia, serta menyediakan cairan pembersih tangan dibeberapa titik strategis untuk mempermudah masyarakat untuk membersihkan diri.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bertambah 218, Pasien Positif Covid-19 Jadi 2.956 Kasus

Peristiwa   08 April 2020 - 16:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: