Jokowi Minta Petani Serap Kredit Murah Rp50 Triliun pada 2020

TrubusNews
Binsar Marulitua
12 Mar 2020   13:00 WIB

Komentar
Jokowi Minta Petani Serap Kredit Murah Rp50 Triliun pada 2020

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Peresmian Pembukaan The 2nd Asian Agriculture and Food Forum (ASAAF) Tahun 2020, Kamis (12/3/2020), di Istana Negara, Jakarta (Foto : Humas Sekretariat Kabinet)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sektor pertanian memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan ekonomi, baik dalam kontribusi ekspor maupun kontribusi meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi  saat memberikan sambutan pada Peresmian Pembukaan The 2nd Asian Agriculture and Food Forum (ASAAF) Tahun 2020, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca Lainnya : Terima Kunjungan Raja Belanda, Pemerintah Indonesia Dorong Pemasaran Sawit Berkelanjutan

”Sektor pertanian juga berkontribusi dalam penyediaan pangan functional food yang sangat penting bagi sebuah bangsa. Karena dari pangan lah dapat mendorong tingkat kesehatan yang lebih baik, sehingga mampu meningkatkan produktivitas bangsa dan negara kita,” tutur Jokowi.

Jokowi menyampaikan kepada petani khususnya yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) untuk memanfaatkan program kredit usaha rakyat (KUR) dalam menjalankan usaha mereka. Fasilitas itu bisa dijadikan modal bagi petani menggarap perkebunan.

Pemerintah menyiapkan dana Rp50 triliun untuk KUR di sektor pertanian pada 2020 ini. Angka itu naik dari serapan KUR sektor pertanian tahun lalu yang hanya Rp30 triliun.

"Pembiayaan KUR kami siapkan khusus hanya pertanian itu Rp50 triliun. Itu manfaatkan," tambahnya.

Baca Lainnya : Jokowi: Uni Eropa Sengaja Mainkan Isu Kelapa Sawit Merusak Lingkungan karena Persaingan Dagang

Ia meminta anggota HKTI untuk membuat proposal bisnis yang detail agar pengajuan KUR dapat diterima oleh perbankan. Misalnya, berapa dana yang dibutuhkan setiap bulannya dan setahun penuh untuk menggarap suatu perkebunan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, KSP Moeldoko, Mentan Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri KUKM Teten Masduki serta Waseskab Ratih Nurdiati.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: