Menkes Terawan Tegaskan 2 Pasien yang Positif Terjangkit Covid-19 Dalam Kondisi Baik

TrubusNews
Astri Sofyanti
03 Mar 2020   16:00 WIB

Komentar
Menkes Terawan Tegaskan 2 Pasien yang Positif Terjangkit Covid-19 Dalam Kondisi Baik

Menteri Kesehatan ketika memberikan pernyataan pers terkait dua pasien positif terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPISS), Jakarta, Senin (3/2/20) (Foto : Biro Humas Kementerian Kesehatan)

Trubus.id -- Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menegaskan, dua pasien yang positif terjangkit virus corona (Covid-19) dalam kondisi sehat. Bahkan Menkes Terawan mengecek kondisi dua pasien positif corona secara langsung di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso.

“Saya sudah ngecek, kedua pasien dalam kondisi baik gak ada demam, gak ada sesak, gak ada apa-apa, makan, dan komunikasi baik, kondisi sehat,” kata Menkes Terawan ketika memberikan keterangan pers terkait dua pasien positif terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPISS).

Ia mengatakan bahwa kedua pasien ditempatkan di ruang isolasi yang memenuhi standar karena RSPISS merupakan rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit infeksi. Penanganan yang dilakukan terhadap pasien sudah sesuai yang disimulasikan, bahkan Menkes Terawan mengungkapkan simulasi yang dilakukan oleh RSPISS lebih gawat.

Kondisi kedua pasien saat ini dalam keadaan baik, mereka akan dicek swab ulang biasanya setelah 5 hari. Perawatannya seperti orang yang terkena flu. Jadi pasien diberi vitamin dan makanan yang sehat, bukan antibiotik. Imunitasnya dinaikkan.

“Penanganan terhadap pasien sesuai dengan simulasi meskipun yang disimulasikan lebih gawat, ini (pasien positif Covid-19) tidak terlalu gawat dengan mortality lebih rendah,” tambahnya.

Pemerintah melakukan pencegahan sesuai dengan prosedur (SOP) yang disepakati bersama dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Seluruh SOP yang dilakukan tidak ada yang terlewat. Menkes menegaskan bahwa yang dilakukan oleh Badan Litbangkes sudah objektif.

“Pencegahan sudah kita lakukan bahwa apa yang dilakukan Balitbangkes sudah nyata bahwa kalau positif Covid-19 ya diinformasikan positif, kalau negatif ya negatif,” pungkas Terawan.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: