Perubahan Iklim Bikin Antartika Jadi Hijau, Pertanda Apakah Ini?

TrubusNews
Trubus News
18 Juli 2017   19:40 WIB

Komentar
Perubahan Iklim Bikin Antartika Jadi Hijau, Pertanda Apakah Ini?

Hijaunya Antartika berkaitan erat dengan retaknya gletser di Semenanjung Antartika akibat perubahan iklim yang menyebabkan berkembangnya lumut (Foto : Foto: Time)

Benua Antartika yang selalu terlihat putih karena tertutupi salju kini berubah menjadi hijau akibat perubahan iklim. Warna hijau berasal dari lumut yang banyak tumbuh di Antartika sejak lima puluh tahun terakhir.

Dilansir dari The Guardian, beberapa peneliti berpendapat jika dalam beberapa tahun kedepan, mungkin saja benua Antartika bisa berubah menjadi lahan subur. Matt Amesbury dari University of Exeter menyatakan, “Hijaunya Antartika berkaitan erat dengan retaknya gletser di Semenanjung Antartika akibat perubahan iklim yang menyebabkan berkembangnya lumut. Tapi memang, tidak seluruhnya benua tersebut menjadi hijau”.

Di pertengahan abad 20 ini, wilayah semenanjung antartika diterpa perubahan iklim yang cukup hebat. Suhu di benua tersebut naik dengan cepat, mengakibatkan terjadinya pemanasan global hingga setengah derajat setiap dekade. Antartika termasuk benua yang memiliki kelangkaan tanaman. Maka dari itu, tumbuhnya lumut menjadi tanda tanya bagi para peneliti. Apakah kondisi alam di benua Antartika dapat merespon pertumbuhan tanaman?

Apapun itu, perubahan iklim yang terjadi di dunia saat ini turut memicu aktivitas biologis setiap wilayah. Hal ini terlihat dari pertumbuhan lumut yang jauh lebih banyak dibanding sebelum tahun 1950-an di Antartika. Selain itu, setiap wilayah akan mengalami efek lokal akibat perubahan iklim seperti misalnya perubahan musim tanam yang berubah jadi lebih lama. [WO/DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bina Swadaya Kritisi UU Kontroversial Cipta Kerja

Peristiwa   24 Nov 2020 - 18:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan: