Menkes: 9 WNI Kru Kapal Diamond Princess Positif Terinfeksi Covid19

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Feb 2020   17:00 WIB

Komentar
Menkes: 9 WNI Kru Kapal Diamond Princess Positif Terinfeksi Covid19

Ilustrasi - Covid19 (Foto : Shutterstock)

Trubus.id -- Menteri Kesehatan (Menkes) RI Tewaran Agus Putranto mengumuman bahwa 9 Warga Negara Indonesia (WNI) kru Kapal Diamond Princess positif terinfeksi virus corona (Covid19). Menkes juga memastikan ke Sembilan WNI kru kapal Diamond Princess telah mendapatkan perawan intensif di Jepang.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI menyebutkan, jumlah WNI kru kapal Diamond Princess di Jepang hanya empat orang, sehingga ada penambahan lima orang WNI yang terifeksi virus corona.

"WNI yang kena kan juga dirawat oleh pemerintah Jepang, ada sembilan orang itu," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/2).

Meski jumlah WNI yang positif virus corona bertambah, Terawan menegaskan, pemerintah tak mau gegabah dan terburu-buru. Pemerintah ingin memastikan terlebih dahulu langkah penjemputan 78 WNI yang menjadi kru kapal pesiar tersebut tidak menyebabkan penyebaran virus corona di tanah air.

"Kalau mereka (Jepang) ngasih ya tentu segera kita proses. Tapi ini kita nego terus, teknik yang paling baik untuk mengeluarkan mereka. Jangan semaunya sendiri, kalau semau sendiri bisa membentuk episentrum baru," ujar Menkes kembali.

Terlebih diakui Terawan, hingga saat ini Indonesia masih terbebas dari penyebaran virus corona yang pertama kali mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

"Pemerintah itu menjaga 260 juta penduduk untuk tetap bisa survive sembari kita melakukan tindakan-tindakan untuk juga menyelamatkan masyarakat kita yang ada di Jepang," tegas Terawan

Lebih jauh diakui Terawan, hingga saat ini pemerintah Indonesia dan Jepang masih terus melakukan negosiasi terkait pemulangan 74 WNI kru kapal Diamond Princess yang negatif Covid19. Sejumlah opsi pemulang seperti menggunakan kapal atau pesawat masih terus dibicarakan

Dirinya mengaku pemerintah masih memikirkan langkah penanganan di dalam negeri setelah mereka dipulangkan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jokowi Ingatkan Target Penurunan Gas Rumah Kaca Indonesia

Peristiwa   07 Juli 2020 - 16:02 WIB
Bagikan:          

New Normal, Wisma Hijau Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Peristiwa   07 Juli 2020 - 17:27 WIB
Bagikan:          
Bagikan: