Korea Selatan Umumkan Korban Meninggal Pertama Akibat Covid19

TrubusNews
Astri Sofyanti
21 Feb 2020   16:00 WIB

Komentar
Korea Selatan Umumkan Korban Meninggal Pertama Akibat Covid19

Ilustrasi - Covid19 (Foto : Shutterstock)

Trubus.id -- Korea Selatan mengumumkan korban meninggal pertama akibat terjangkit virus corona (Covid19) pada Kamis (20/2). Mengutip Reuters, Jumat (21/2), penyebab pasti terkait kematian pertama ini masih terus diselidiki oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC). KCDC mengungkap ada penambahan 22 kasus baru Covid-19. Dengan begitu, jumlah kasus orang terinfeksi virus corona di Korea Selatan mencapai 104 orang.

Kondisi ini menambah daftar panjang jumlah penderita, padahal pada Selasa (19/2) Korea Selatan hanya mengonfirmasi 31 kasus. Artinya dalam dua hari terakhir peningkatan kasus Covid19 mencapai lebih dari tiga kali lipat.

Sebagian besar kasus yang dikonfirmasi berada di Kota Daegu yang merupakan jemaat gereja Shincheonji Church of Jesus. Seorang jemaat perempuan berusia 61 tahun merupakan salah satu sumber penularan. Ia sempat mengalami gejala seperti Covid19 namun menolak menjalami serangkaian tes dengan alasan tidak berpergian ke luar negeri. Sebelum dinyatakan positif terinfeksi, perempuan tersebut menghadiri setidaknya empat kali misa dan menjalin kontak dengan jemaat lain.

Hampir setengah dari jemaat yang terinfeksi menjalin kontak langsung dengan perempuan tersebut. Dia pertama kali mengeluhkan demam pada 10 Februari, namun menolak menjalani tes virus korona. Sejauh ini, 37 jemaat gereja dipastikan terinfeksi.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Daegu Kwon Young Jin mengatakan, ada 1.001 anggota Shincheonji Church of Jesus di daerahnya dan mereka diminta tidak keluar rumah. Dalam perkembangannya, 90 dari anggota menunjukkan gejala virus korona.

Kwon menegaskan bahwa mereka yang mengalami gejala akan menjalani pengetesan sesegera mungkin.

Pihaknya juga meminta bantuan pemerintah pusat untuk mengambil tindakan lebih besar mengingat cabang gereja ini juga terdapat di banyak wilayah dan besar kemungkinan para jemaat sudah menjalin kontak dengan orang lain.

Sementara itu, 43 kasus lain ditemukan di Provinsi Gyeongsang yang bertetangga dengan Daegu.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Syahrul: 250 Ton Gula Siapa Guyur Pasar

Peristiwa   09 April 2020 - 09:55 WIB
Bagikan:          

Pemerintah Siapkan Empat Strategi Atasi Pandemi Covid-19

Peristiwa   09 April 2020 - 09:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: