KBRI Phnom Penh Pastikan 362 WNI Kru Kapal Pesiar Westerdaam Lakukan Pemeriksana Ulang Terkait Covid19

TrubusNews
Astri Sofyanti
21 Feb 2020   15:00 WIB

Komentar
KBRI Phnom Penh Pastikan 362 WNI Kru Kapal Pesiar Westerdaam Lakukan Pemeriksana Ulang Terkait Covid19

kapal pesiar MS Westerdam (Foto : AFP)

Trubus.id -- Sebagai upaya dalam memberikan perlindungan bagi 362 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) kapal pesiar MS Westerdam, KBRI Phnom Penh memastikan kesehatan seluruh WNI ABK MS Westerdam. Sebelumnya diberitakan seorang penumpang di kapal pesiar tersebut dilaporan terinfeksi virus corona (Covid19).

Kapal pesiar MS Westerdam kini dilaporkan telah berlabuh di Sihanoukville, Kamboja, guna dilakukan pemeriksaan ulang terkait penyebaran virus corona di kapal pesiar mewah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, membenarkan bahwa saat ini tengah dilakukan pemeriksaan ulang oleh pemerintah Kamboja.

“Sedang ada pemeriksaan ulang oleh pemerintah setempat. Kalau dinyatakan clear (dari infeksi virus), berarti sudah boleh berlayar,” ujar Judha.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dirilis KBRI Phnom Penh, Jumat (21/2), Pemerintah Kamboja menyampaikan bahwa seluruh penumpang dan kru Kapal Westerdaam tidak terjangkit virus Covid19. Secara keseluruhan Kapal Westerdaam membawa 1455 penumpang dan 802 kru. Kapal tesebut sempat ditolak berlabuh di beberapa tempat seperti Thailand, Jepang dan Filipina karena kekhawatiran adanya virus COVID-19, sebelum akhirnya berlabuh di Sihanoukville pada tanggal 12 Februari 2020.

Tim dari KBRI Phnom Penh secara langsung menaiki dan berdialog dengan para kru WNI dan manajemen kapal persiar. Para kru WNI menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang langsung menemui mereka di kapal. Diharapkan pertemuan dan dialog tersebut dapat memberikan dukungan moril serta meningkatkan kepercayaan diri para kru WNI yang bekerja untuk melanjutkan tugas.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengeluarkan izin bagi Westerdam untuk berlabuh dengan alasan untuk menghentikan rasa takut yang sedang terjadi di seluruh dunia.

"Kita harus membantu mereka saat mereka memintanya," kata Hun Sen.

Sementara itu Kementerian Kesehatan Kamboja menyatakan tidak ada satu pun penumpang kapal yang terinfeksi virus korona berdasarkan pemeriksaan pada 13 Februari.

Setelah itu, seluruh penumpang diizinkan turun untuk melanjutkan perjalanan pulang ke negara masing-masing.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Buah Lokal Rajai Pasar di Tengah Pandemi Covid-19

Peristiwa   09 April 2020 - 10:07 WIB
Bagikan:          

Mentan Syahrul: 250 Ton Gula Siap Guyur Pasar

Peristiwa   09 April 2020 - 09:55 WIB
Bagikan:          

Pemerintah Siapkan Empat Strategi Atasi Pandemi Covid-19

Peristiwa   09 April 2020 - 09:42 WIB
Bagikan: