Kemenkes: 3 WNI yang Terinfeksi Covid19 di Kapal Pesiar Diamond Princess Stabil

TrubusNews
Astri Sofyanti
20 Feb 2020   14:00 WIB

Komentar
Kemenkes: 3 WNI yang Terinfeksi Covid19 di Kapal Pesiar Diamond Princess Stabil

Kapal Pesiar Diamond Princess (Foto : Kyodo News via AP)

Trubus.id -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan anak buah kapal (ABK) di Diamond Princess yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona (Covid19) telah di rawat di rumah sakit di Jepang dan saat ini dalam kondisi stabil.

Sebelumnya dilaporkan, dari 78 WNI yang bekerja di Kapal Pesiar Diamond Princess diga diantaranya dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

“3 WNI ABK Diamond Princess telah di rawat oleh otoritas kesehatan Jepang. Sudah menjadi kode etik bersama, bahwa pemerintah Jepang tidak enyebutkan nama rumah sakit tempat mereka di rawat,” demikian dikatakan Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Ahmad Yurianto mengutip keterangan tertulis Kementerian Kesehatan, Kamis (20/2).

Diakui Yuri hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan kekhawatiran pada pasien di rumah sakit tersebut.

“Ini jadi etika untuk tidak menyebut rumah sakitnya dimana dan tidak menyebutkan nama pasiennya siapa. Ini etika,” papar Yuri.

Kondisi 3 WNI tersebut sepenuhnya dilayani oleh Pemerintah Jepang. Dr. Ahmad mengatakan kondisi mereka stabil dan pemerintah Indonesia tidak meragukan kapasitas yang dimiliki oleh otoritas Jepang untuk melakukan layanan bagi WNI.

Sisanya, yakni 75 WNI tetap masih menjalankan masa karantina. Masa karantina yang dilakukan Pemerintah Jepang beda dengan karantina yang dilakukan di Indonesia.

“Beda di dalam kaitan mempublikasikan tempatnya. Kalau Jepang hanya mengatakan dikarantina di suatu tempat, kalau karantina di Indonesia dipublikasikan nama lokasi yang menjadi tempat karantina,” pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Waspada, Penggunaan Hand Sanitizer Jangan Berlebihan

Peristiwa   30 Mar 2020 - 13:05 WIB
Bagikan:          
Bagikan: