BNPB Serahkan Helikopter dan Kapal Cepat Dukung Operasi Siaga di Labuan Bajo

TrubusNews
Binsar Marulitua
18 Feb 2020   07:16 WIB

Komentar
BNPB Serahkan Helikopter dan Kapal Cepat Dukung Operasi Siaga di Labuan Bajo

Pemuka Agama Katolik, Rm. Lorens Sopang melakukan doa pemberkatan sebelum helikopter pemberian BNPB dioperasikan. Helikopter dengan kode lambung dan ekor PK-CFS tersebut diserahkan di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (17/2/2020). (Foto : Humas BNPB)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan satu unit helikopter dengan kode lambung dan ekor PK-CFS serta perahu cepat "Sea Rider Boat" kepada pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Helikopter dan perahu cepat tersebut diserahkan di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (17/2/2020) kemarin.

Bantuan tersebut diberikan guna menunjang program pemenuhan operasi siaga di Labuan Bajo, Pulau Komodo dan beberapa tempat wisata lainnya yang masuk ke dalam 5 destinasi wisata super prioritas di Tanah Air.

Selain patroli kesiapsiagaan, helikopter dan perahu cepat tersebut juga disiagakan untuk sejumlah aktivitas seperti surveilance, alat angkut petugas, dropping logistik bila terjadi bencana, kegiatan SAR , kegiatan medical evacuation , dan kegiatan latihan/drill kesiapsiagaan bencana secara reguler.

"Hal tersebut merupakan hasil tindak lanjut 7 arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait percepatan pembangunan pariwisata Labuan Bajo," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta.

Baca Lainnya : Operasi Hari ke-15, Satgas Garuda Fokus Bersihkan Lahan Bekas Kebakaran Hutan di Australia

Sebelumnya, dalam kunjungan kerja Jokowi pada Juli 2019 lalu, salah satu arahannya yakni, keamanan wisatawan melalui penguatan organisasi perangkat daerah yang berkaitan dengan keamanan para wisatawan. Hal itu termasuk dari Basarnas, BNPB, BPBD, Dinas Kesehatan dan dinas-dinas terkait lainnya. 

Arahan itu diperkuat Jokowi pada ucapan rapat terbatas di Hotel Pelataran Komodo pada 20 Januari 2020. Kepala Negara menyampaikan bahwa satu helikopter akan membantu Manggarai Barat.

Atas bantuan ini, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BNPB Doni Monardo.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Kabupaten Manggarai Barat saya menyampaikan terima kasih kepada Presiden dan Kepala BNPB yang telah membantu satu unit helikopter. Saya terharu, bangga, " ujar Dula. 

Baca Lainnya : Bantu Penanganan Karhutla, Australia Sampaikan Terima Kasih kepada Jokowi

Menurut Dula, helikopter ini juga akan digunakan untuk memantau apabila terjadi kebakaran di kawasan Taman Nasional Komodo, seperti kebakaran savana.

Sebelum helikopter dan kapal cepat dioperasikan, Pemuka Agama Katolik, Rm. Lorens Sopang melakukan doa pemberkatan bersama tokoh adat dan masyarakat sekitar.

Dalam doa pemberkatan tersebut juga dihadiri Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai Barat, Dominikus Hawan dan perwakilan dari BNPB.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bertambah 218, Pasien Positif Covid-19 Jadi 2.956 Kasus

Peristiwa   08 April 2020 - 16:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: